3 Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan

3 Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan ---Mendapatkan pekerjaan setelah lulus sekolah terkadang sudah menjadi momok bagi sebagian orang. Betapa tidak, ribuan pencari kerja setiap tahunnya selalu ada dan semakin bertambah. Setiap tahun kita mencetak pengangguran dari lulusan sekolah di negeri ini. Setiap lulusan sekolah selalu antri untuk mendapatkan pekerjaan. Namun jika dipikir lagi, pengangguran sebenarnya banyak terjadi bukan karena tidak ada lapangan pekerjaan, melainkan banyak pencari kerja atau lulusan sekolah hanya menggantungkan nasibnya melalui ijazah yang disandangnya. Dan ternyata itu adalah salah.

Mencari Kerja
Berikut 3 Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan yang harusnya dipahami oleh para pencari kerja.

Jangan Memilih Pekerjaan
  • Memang sangat dilematis manakala ada tawaran kerja kepada kita, namun pekerjaan tersebut sama sekali tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan yang ada. Dalam hal ini perlu dipikirkan lagi untuk menolak tawaran ini. Kecilkan ego tentang latar belakang pendidikan kita saat lulus dengan nilai terbaik. Ingatlah, kita belum mempunyai pengalaman apa-apa. Jadikan posisi pekerjaan baru ini sebagai pengalaman yang berharga untuk melanjutkan ke jenjang karir berikutnya. Maka usahakanlah untuk tidak memilih pekerjaan yang hanya sesuai dengan educational background kita saja.
Mengikuti Program Magang
  • Jika kita masih ngotot tentang pekerjaan impian yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita, tidak ada salahnya untuk mengikuti program magang di perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang yang sesuai dengan pendidikan kita. Lagi-lagi ini diperlukan untuk menambah keterampilan dan pengalaman kerja kita. Jika kita sudah memiliki ketrampilan dan pengalaman saat magang, tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan.
Menguasai Teknik Wawancara
  • Langkah ke 3 Untuk Mendapatkan Pekerjaan adalah dengan menguasai teknik wawancara. Ini termasuk bagian penting saat kita melamar pekerjaan. Tidak sedikit para pencari kerja yang berkualitas dari sisi latar belakang pendidikannya justru harus gugur saat wawancara kerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk belajar dan Menguasai Teknik Wawancara. Baik yang dipelajari dari buku, artikel di internet, ataupun belajar dari pengalaman wawancara kerja teman.
Itulah 3 Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan yang perlu diketahui oleh para pencari kerja. Dari situ bisa sedikit kita simpulkan bahwa, lulusan sekolah hanyalah langkah awal untuk Mendapatkan Pekerjaan. Karena langkah selanjutnya yang dibutuhkan adalah pengalaman kerja itu sendiri. Ini juga bisa terlihat dari beberapa lowongan pekerjaan yang menjadikan pengalaman kerja sebagai syarat dan acuan.

Demikianlah artikel karir tentang 3 Langkah Untuk Mendapatkan Pekerjaan. Baca juga artikel karir sebelumnya tentang tips wawancara untuk menjawab kelemahan terbesar kita. Moga manfaat!

Postingan terkait: