Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa

Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa ---Mungkin jika dilihat dari sisi jenis, keduanya sama-sama jenis makanan. Makanan atau kuliner dari Asia dan satu lagi adalah jenis kuliner atau makanan dari Eropa. Lalu apa perbedaan Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa?

Kuliner asia eropa
Walaupun sama-sama jenis makanan, keduanya amat sangat berbeda. Tidak hanya antar benua Asia dan Eropa, sesama penghuni benua-pun terkadang memiliki perbedaan. Perbedaan ini biasanya disebabkan oleh tiga faktor, yaitu:
  1. Faktor Budaya
  2. Faktor Lidah
  3. Faktor Kebiasaan
Ketiga faktor inilah yang kemudian membentuk Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa.

Faktor Budaya
  • Faktor budaya menjadi pembeda antara kuliner Asia dengan Eropa. Ini bisa terlihat dari cara makan antara keduanya yang berbeda. Belum lagi cara memasak kuliner tersebut yang juga berbeda. Di Asia proses memasak makanan jauh lebih lama dibandingkan di Eropa. Cara makan Eropa kebanyakan mengadopsi budaya "barbar" yang menyayat daging dengan pisau dan menusuknya dengan garfu. Agak berbeda dengan Asia yang kebanyakan menggunakan tangan atau dijepit dengan sumpit.
Faktor Lidah
  • Faktor lidah ini menyebabkan selera yang berbeda antara Asia dan Eropa. Sehingga Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa terlihat dari jenis makanan pokoknya. Orang Indonesia merasa belum makan jika tidak makan nasi. Berbeda dengan Eropa yang menjadikan roti sebagai makanan pokok. Bahkan sesama Asia pun, Jepang merasa belum kenyang jika tidak menyantap mie atau ikan.
Faktor kebiasaan
  • Faktor kebiasaan juga memnyebabkan Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa. Jika Indonesia memasak makanan dalam jumlah banyak sekaligus dengan tujuan agar bisa awet dan bisa dimakan berkali-kali, maka kebiasaan ini tidak terdapat di Eropa. Dimana masakan hanya dimasak untuk satu kali makan.
Itulah beberapa faktor yang menyebabkan Perbedaan Kuliner Asia Dengan Kuliner Eropa. Semoga dengan artikel kuliner ini bisa menambah wawasan pengetahuan kita tentang kuliner dunia. Dan jika suatu saat sempat mampir ke Bandung, jangan lupa untuk Mencicipi Kupat Tahu Gempol Bandung. Moga manfaat!

Postingan terkait: