Berbagai Jenis Variasi Makanan Bakso

Berbagai Jenis Variasi Makanan Bakso ---Walaupun pada dasarnya bakso hanya terbuat dari daging giling yang berasal dari akar kuiner Tionghoa, namun semakin ke sini bakso semakin banyak memiliki jenis dan variasinya. Baca: Mengenal Jenis Makanan Bakso. Berbagai Jenis Variasi Makanan Bakso ini bisa dilihat dari cara pembuatannya, bahan pembuatannya, Ukuran atau bentuknya, cara menyajikannya serta campuran apa saja yang bisa kita temui saat menyantap bakso ini.

Selain itu juga, bakso sudah makin me-nusantara dengan adanya bakso khas dari beberapa daerah seperti bakso khas Malang dan lainnya. Ke-khas-an ini terlihat dari cara menyajikan dan campuran apa saja yang menyertai bakso tersebut.

Berikut Berbagai Jenis Variasi Makanan Bakso yang bisa kita temui.

Bakso Urat
Bakso Urat
  • Bakso urat paling banyak digemari dan gampang ditemui disekitar kita. Bakso Urat terbuat dari daging tendon atau urat serta daging tetelan kasar lainnya.
Bakso Tenis
Bakso Tenis
  • Disebut Bakso Tenis karena bentuknya sebesar bola Tenis. Bakso Urat yang dibuat sebesar bola tenis bisa juga disebut dengan bakso tenis walau pembuatannya dibuat dari tendon dan tetelan.
Bakso Telur
Bakso Telur
  • Bakso telur bentuknya hampir sama dengan bakso tenis. Hanya saja didalamnya diisi dengan telur rebus.
Bakso Gepeng
Bakso Gepeng
  • Disebut bakso gepeng karena bentuk baksonya pipih atau gepeng. Bisa dibuat dengan bentuk pipih langsung, atau juga dibuat dengan mengiris bakso yang sudah direbus berbentuk pipih.
Bakso Udang
Bakso Udang
  • Bakso udang adalah bakso yang dibuat dengan campuran udang giling. Dalam penyajiannyapun juga disertai udang sebagai penghias.
Bakso Ikan
Bakso Ikan
  • Bakso ikan warnanya terlihat berbeda dari warna bakso daging pada umumnya. Hampir mirip dengan warna bakso udang diatas, bakso ikan terlihat putih. Dan rasanya hampir mirip dengan rasa pempek palembang.
Bakso Malang
Bakso Malang
  • Bakso Malang merupakan racikan atau hidangan bakso lengkap dengan mi kuning, tahu, siomay, dan pangsit goreng yang berasal dari kota Malang Jawa Timur.
Bakso Keju
Bakso Keju
  • Bakso Keju adalah bakso yang diisi dengan dengan potongan keju. Pengerjaannya hampir mirip dengan bakso yang diisi telur.
Bakso Buah
Bakso Buah
  • Bakso buah bisa dilihat seperti gambar diatas. Bisa juga bakso yang disi dengan potongan buah segar didalamnya atau penyajiannya yang disertai buah.
Bakso Bakar
Bakso Bakar
  • Bakso bakar adalah bakso yang cara penyajiannya dengan cara di bakar dan diolesi dengan bumbu khusus. Sebagian juga disajikan dalam bentuk tusukan sate dan dimakan dengan ketupat serta kuah kaldu.
Demikianlah Artikel Kuliner tentang Berbagai Jenis Variasi Makanan Bakso kali ini. Moga bermanfaat!

Postingan terkait: