Efek Foto Dengan Mengatur Kecepatan Shutter

Efek Foto Dengan Mengatur Kecepatan Shutter ---Bagi yang menyukai hobi fotografi, mengatur kecepatan shutter (shutter speed) adalah hal mutlak yang harus dilakukan manakala ingin menghasilkan foto dengan efek yang bagus. Objek foto yang ditangkap kasat mata seperti biasa saja, akan terlihat berbeda dan lebih artistik manakala sudah menjadi selembar foto. Hasil semacam ini merupakan Efek Foto Dengan Mengatur Kecepatan Shutter.

Berikut beberapa efek foto yang tercipta dengan mengatur kecepatan shutter kamera.

Efek Foto Freezing
Efek Foto Freezing
  • Efek Foto Freezing adalah efek foto dengan objek gambar bergerak seperti olahraga atau burung terbang diatas. Objek tampak tajam seakan-akan membeku di dalam foto. Untuk menghasilkan Efek Foto Freezing dibutuhkan kecepatan shutter yang tinggi melampaui kecepatan gerakan objek gambar. Kecepatan Shutter disarankan 1/500 s atau lebih cepat.
Efek Foto Panning
Efek Foto Panning
  • Efek Foto Panning adalah efek foto yang memperlihatkan fokus pada suatu objek foto yang tampak jelas dengan latar belakang blur. Untuk menghasilkan Efek Foto Panning seperti ini, kita harus menggerakkan kamera searah dengan kecepatan objek foto. Kecepatan shutter sedang atau lebih lambat. Disarankan 1/100 s atau lebih lambat.
Efek Foto Motion Blur
Efek Foto Motion Blur
  • Efek Foto Motion Blur adalah efek foto yang timbul karena gerakan sebagian obyek dalam foto. Efek Foto Motion Blur dihasilkan dengan mengatur kecepatan shutter dengan ukuran sedang sampai lambat. Disarankan 1/100 s atau lebih lambat dan mengunci fokus pada satu obyek diam.
Efek Foto Trace Light
Efek Foto Trace Light
  • Efek Foto Trace Light adalah efek foto yang dihasilkan dengan mengatur kecepatan shutter kamera dengan sangat lambat. Kira-kira 1 s atau lebih lambat sehingga menghasilkan foto yang meninggalkan jejak cahaya dari objek seperti mobil yang tidak tertangkap kamera.

Itulah beberapa Efek Foto yang dihasilkan Dengan Mengatur Kecepatan Shutter. Tentunya masih banyak lagi efek foto yang bisa dihasilkan dengan mengatur kecepatan shutter yang belum ditampilkan di Artikel Hobi ini. Karena semua hasil ini tergantung kreatifitas masing-masing penyuka hobi fotografi.

Demikianlah artikel hobi tentang Efek Foto Dengan Mengatur Kecepatan Shutter kali ini. Baca juga Artikel Hobi sebelumnya tentang Pengaturan Kamera Untuk Memotret di Malam Hari. Moga bermanfaat dan selamat berkreatifitas!

Postingan terkait: