Jenis Pencahayaan (Lighting) Dalam Fotografi

Jenis Pencahayaan (Lighting) Dalam Fotografi ---Ada yang bilang bahwa atau memotret itu adalah "proses menggambar menggunakan cahaya" mungkin ada benarnya. Karena sebagus dan semahal apapun kamera yang kita gunakan jika kita memotret di tempat yang sama sekali tidak ada cahanya, maka pasti tidak akan bisa menciptakan sebuah gambar atau hasil foto. Oleh karena itu, penting bagi kita yang menyukai hobi fotografi untuk memahahami Jenis Pencahayaan (Lighting) Dalam Fotografi serta efeknya pada foto yang dihasilkan.

Dan secara garis besar, ada 2 Jenis Pencahayaan (Lighting) Dalam Fotografi yang wajib kita ketahui.

Available Lighting Photography
Jenis Lighting
  • Available Lighting Photography adalah Memotret suatu objek foto dengan memanfaatkan cahaya yang ada. Baik cahaya alami yang berasal dari matahari (natural light), maupun cahaya yang berasal dari sumber cahaya untuk menerangi objek foto. Seperti foto diatas, hasil foto tercipta dengan memanfaatkan cahaya yang ada yang menerangi objek foto.

Artificial Lighting Photography
Jenis Lighting
  • Proses memotret suatu objek foto dengan menggunakan sumber cahaya yang sengaja ditambahkan seperti penggunaan flash, strobist, studio light, dan alat-alat pendukung lainnya. Jenis pencahayaan seperti ini biasanya digunakan ketika ingin memotret objek foto yang dirasa kurang maksimal tanpa pencahayaan tambahan. Biasanya untuk objek dalam ruangan yang minim cahaya.

Itulah Jenis Pencahayaan (Lighting) Dalam Fotografi yang pastinya perlu kita ketahui sebagai penyuka hobi fotografi. Jika masih kurang, ada sebuah situs yang khusus membahas tutorial pencahayaan (lighting) dalam fotografi, yaitu www.geofflawrence.com/lighting.html.

Baca juga Artikel Hobi sebelumnya tentang Situs Tutorial Kamera DSLR Canon Online. Moga bermanfaat dan selamat berkreasi!

Postingan terkait: