Memberikan Kesan Terbaik di Hari Pertama Bekerja

Memberikan Kesan Terbaik di Hari Pertama Bekerja ---Hari pertama bekerja adalah hal yang sangat kita tunggu-tunggu. Berbagai perasaan bisa muncul di benak kita saat menghadapi hari pertama bekerja. Sebagian besar adalah rasa senang karena perjuangan kita akhirnya tercapai dan tidak menjadi pengangguran lagi. Namun sebagian lagi mungkin memiliki perasaan bingung, gugup ataupun biasa-biasa saja. Namun apapun perasaan kita, Memberikan Kesan terbaik di Hari Pertama Bekerja adalah tonggak kesuksesan kita meniti karir kedepannya.

Hari Pertama Bekerja
Perlu kita ingat, dengan keberadaan kita di hari pertama bekerja merupakan sebuah bentuk penghargaan yang besar dari perusahaan kepada kita. Perusahaan memiliki pengharapan yang besar kepada kita. Perusahaan berharapa apa yang kita tulis di CV dan kita ucapkan saat wawancara kerja bisa dibuktikan dan bisa ditunjukkan dengan meningkatkan produktivitas kerja. Karenanya kita perlu Memberikan Kesan terbaik di Hari Pertama Bekerja dengan mengikuti beberapa tips berikut:

Jangan Terlambat
  • Apapun alasannya jangan sampai Kita datang terlambat karena hal tersebut menunjukkan ketidakseriusan Kita bekerja. Terlambat di hari pertama bekerja adalah ´aib´ yang akan Kita terus bawa selama Kita bekerja di perusahaan tersebut. Tinggal di kota yang rawan macet seperti Jakarta tidak bisa dijadikan alasan karena kemacetan bisa diantisipasi dengan berangkat lebih awal, atau mencari alternatif transportasi lain.
Berbusana Formal
  • Apapun bidang usaha perusahaan tempat Kita bekerja, tetaplah kenakan busana kerja formal. Seiring waktu Kita bekerja di perusahaan tersebut dan Kita sudah bisa mengenali budaya perusahaan tempat Kita bekerja, barulah Kita bisa mengikuti cara mereka berpakaian. Misalnya, orang yang bekerja di bidang kreatif seperti advertising agency umumnya lebih ekspresif dalam menerapkan aturan gaya berpakaian.
Bersosialisasi
  • Umumnya atasan Kita akan memperkenalkan Kita kepada rekan kerja Kita, namun jika tidak, perkenalkan diri Kita kepada mereka, dan jangan ragu untuk bertanya. Mereka mempunyai kewajiban untuk membantu rekan kerja.
Mengikuti Aturan Main
  • Mungkin ada beberapa hal dalam pekerjaan Kita berbeda dengan hal yang Kita pelajari di kampus, namun ingatlah Kita tidak memiliki kapasitas untuk merubah SOP atau hal lainnya sesuai dengan keinginan Kita. Beberapa bulan pertama adalah bukan waktu yang tepat untuk merubah apapun, kecuali jika Kita memang diminta untuk melakukannya.
Menjadi Diri Sendiri
  • Untuk beberapa hari pertama, jadilah spons. Serap segala pengetahuan baru, ketahui budaya perusahaan, perlahan-lahan Kita akan tahu apa yang diharapkan dari Kita. Jujur dengan kemampuan Kita. Jangan menyanggupi jika Kita dihadapkan pada sebuah task yang tidak Kita pahami. Kenali lingkungan Kita tanpa merubah kepribadian Kita.
Siap Menghadapi Meeting
  • Dihari pertama Kita mungkin akan bertemu dengan banyak pihak, siapkan selalu notepad dan alat tulis agar kita bisa selalu siap setiap saat ketika ada meeting dan tidak menghabiskan waktu untuk mencari perlengkapan meeting.
Jangan Mengeluh
  • Mungkin ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan harapan Kita. Entah soal load pekerjaan yang tiba-tiba membludak atau hal sepele seperti suara AC yang berderu terlalu kencang. Apapun sebabnya, jangan gampang mengeluhkan sesuatu, bisa-bisa Kita dianggap cerewet.
Bekerja Sebagai Team
  • Jika Kita mencantumkan kualifikasi ini dalam surat lamaran Kita, "Mampu bekerja secara Temwork" maka konsistenlah. Jika rekan kerja Kita pulang lebih lama dari kita, hang back dan tunggulah mereka. Jangan jadi orang pertama dalam tim Kita yang pulang, apalagi sampai meresa pekerjaan kita sudah beres dalam team. Ini juga kesempatan untuk mengenal rekan kerja lebih jauh dan mengetahui budaya perusahaan.

Itulah beberapa hal yang mungkin bisa membantu kita untuk Memberikan Kesan terbaik di Hari Pertama Bekerja, baik untuk pimpinan maupun rekan kerja kita. Baca juga Artkel Karir sebelumnya tentang cara menyikapi dampak buruk dari prestasi kerja kita. Moga bermanfaat and have a nice success!

Postingan terkait: