Mendapatkan dan Menikmati Citarasa Teh Yang Baik

Mendapatkan dan Menikmati Citarasa Teh Yang Baik ---Kembali hadir dengan Artikel yang berhubungan dengan Kuliner. Jika seblumnya kita sudah membahas tentang Cara Mengolah Daging Sapi Lokal Biar Lebih Empuk dan enak dimasak apapun, kini kita akan membahas Cara Mendapatkan dan Menikmati Citarasa Teh Yang Baik.

Citarasa Teh
Untuk Mendapatkan dan Menikmati Citarasa Teh Yang Baik tentunya ada beberapa faktor yang harus kita ketahui tentang teh, yaitu:

Memilih Jenis Teh
  • Jenis teh yang baik adalah jenih daun teh yang diambil dari pucuk daun teh paling atas, tepatnya tiga pucuk pertama. Kualitas ini adalah yang terbaik. Namun tentunya kita tidak akan tahu jenis teh yang kita beli di warung berkualitas demikian atau tidak. Maka sebaiknya kita pilih saja jenis teh celup atau teh rendam yang masih terlihat butiran daunnya.
  • Jika dilihat dari bentuknya, teh rendam lebih berkualitas dari teh celup. Ini dikarenakan kita bisa melihat sendiri daun teh yang kita rendam. Berbeda dengan teh celup yang sudah berbentuk bubuk, yang tentunya kita tidak tahu apakah itu benar dibuat dari daun teh asli atau tidak.
Pilih Aroma atau Warna
  • Memang tidak singkron antara kedua pilihan ini. Jika kita tertarik untuk menikmati teh dengan kualitas warna gelap, maka kemungkinan kita tidak bisa menikmati aroma tehnya dengan baik. Ini dikarena proses penyeduhannya yang lama. Semakin lama teh diseduh, maka warna teh semakin gelap. Namun karena lama direndam atau diseduh, aromanyapun berkurang. Selain itu, dengan gelapnya warna seduhan teh, maka kemungkinan rasa teh terasa pahit akan lebih besar.
  • Khusus untuk pemilihan Aroma dan rasa teh ini sebenarnya kembali lagi ke selera masing-masing. Mungkin ada sebagian orang yang lebih suka minum teh dengan rasa tajam (pahit) dengan warna yang gelap, atau ada juga yang yang suka dengan aroma teh saja tanpa melihat warnanya.
Air Untuk Menyeduh Teh
  • Bila sebaian orang menggunakan air yang sedang mendidih untuk menyeduh teh, sebenarnya ini kurang bagus. Pada teh daun yang penyeduhannya dengan direndam, biasanya akan mengakibatkan teh gosong dan aromanya berubah. Usahakan untuk tidak langsung menggunakan air yang baru selesai mendidih untu menyeduh teh. Diamkan beberapa saat sebelum diseduh dengan teh.
  • Khusus untuk teh celup, ada baiknya tidak langsung meminum teh celupan pertama. Buang air celupan pertama, isi lagi dengan air baru dan celupan kedua siap untuk diminum. Ini dilakukan untuk menghilangkan debu teh pada celupan pertama, atau kemungkinan juga untuk mengurangi kandungan florin pada kertas atau plastik teh celup.
Itulah beberapa hal yang harus kita ketahui untuk Mendapatkan dan Menikmati Citarasa Teh Yang Baik pada Artikel Kuliner kali ini. Selamat menikmati citarasa teh kesukaan Anda!

Postingan terkait: