Mengenal Bahan Makanan Tempoyak Durian

Mengenal Bahan Makanan Tempoyak Durian ---Sebagai penyuka makanan tempoyak yang sudah hampir 6 tahun lebih tidak mencicipi rasa makanan tempoyak hingga post ini diterbitkan, ternyata kembali membangkitkan kenangan masa dulu dimana hari-hari selalu di temani dengan menu berbahan makanan tempoyak. Bagi yang berasal dari daerah Sumatera, khususnya Palembang, Kalimantan ataupun di negara Malaysia sana, mungkin sudah Mengenal Bahan Makanan Tempoyak Durian ini. Tapi bagi yang berada di pulau Jawa, makanan tempoyak akan terasa asing karena memang tidak sesuai dengan selera dan lidahnya.

Tempoyak Durian
Tempoyak merupakan jenis bahan makanan yang terbuat dari fermentasi buah durian. Jika dicari di mesin pencarian google, kata tempoyak udang juga direkomendasikan. Oleh karenanya judul Artikel Kuliner kali ini sengaja ditulis "Mengenal Bahan Makanan Tempoyak Durian" agar lebih spesifik. Walaupun jika di Palembang sana, kata tempoyak udang justru akan terdengar asing.

Bahan Makanan Tempoyak Durian biasanya di konsumsi sebagai lauk saat makan nasi. Jika dilihat dari tekstur warna dan bentuknya, bahan makan tempoyak sepertinya tidak enak dilihat apalagi dikonsumsi. Namun kenyataannya banyak sekali jenis kuliner khas yang bisa diciptakan dengan bahan makanan tempoyak. Bahkan sebagian juga banyak yang suka mengkonsumsi langsung makanan tempoyak tanpa diolah menjadi jenis kuliner lainnya. Jika ini dilakukan berarti penikmat tempoyak tersebut memang suka dengan rasa keasaman dan aroma fermentasi durian yang menyengat.

Pepes Tempoyak Durian
Selain sebagai bahan makanan, tempoyak juga bisa berfungsi sebagai bumbu masakan. Bisa menjadi bumbu pepes ikan, ikan bakar yang diolesi tempoyak dan banyak lagi. Sebagai bahan makanan, tempoyak juga bisa dibuat sambal, gulai, dan banyak lagi.

Demikianlah Artikel Kuliner kali ini. Semoga dengan artikel singkat Mengenal Bahan Makanan Tempoyak Durian ini bisa menambah wawasan kita tentang kuliner nusantara. Baca juga artikel kuliner sebelumnya tentang cara Mendapatkan dan Menikmati Citarasa Teh Yang Baik. Moga bermanfaat!

Postingan terkait: