Mengenal Istilah Hop Up Airsoft Gun

Mengenal Istilah Hop Up Airsoft Gun ---Saat kita membeli seperangkat airsoft gun, biasanya kita melihat ada tulisan atau label "hop up" di kotak airsoft gun tersebut. Terlihat sekali bahwa "hop up" ini merupakan bagian penting yang dijadikan nilai tambah pada airsoft gun. Sebagai pengguna awam, yang yang baru menyukai hobi airsoft gun, tentunya masih asing dengan istilah Hop Up Airsoft Gun. Oleh karena itu, pada kesempatan post kali ini setelah Mengenal Hobi Airsoft Gun, kita juga mencoba untuk Mengenal Istilah Hop Up Airsoft Gun.

hop up
Makna dan Fungsi Hop Up Airsoft Gun
  • Hop Up Airsoft Gun atau disebut juga hop up system merupakan mekanisme yang sederhana pada airsoft yang memungkinkan BB bisa mencapai jarak yang lebih jauh dari standarnya. Jika dilihat dari makna dan fungsinya disini, maka wajar saja jika Hop Up Airsoft Gun bisa menjadi nilai tambah pada sebuah paket airsof gun yang kita beli.
Cara Kerja Hop Up Airsoft Gun
  • Cara kerja Hop Up Airsoft Gun cukup sederhana. Di pangkal barrel dekat gerbox sebelum inlet BB, ditempatkan hopup yang biasanya terbuat dari karet. Karet ini akan membuat semacam "ganjalan" yang terletak persis dibagian atas barrel. Pada saat BB ditembakkan, maka bagian atas dari BB akan menabrak "ganjalan" karet ini sehingga BB berputar ke atas. Dengan demikian muncul momentum energi ekstra yang memberikan BB tenaga tambahan untuk meluncur lebih jauh lagi.
Jenis Hop Up Airsoft Gun
  • Ada 2 jenis Hop Up Airsoft Gun, yaitu:
    1. Fixed hopup dimana Besarnya "ganjalan" karet tidak dapat diatur.
    2. Adjustable hopup adalah kebalikannya. Besarnya "ganjalan" karet bisa diatur. Dengan demikian kita bisa adjust untuk mengkompensasikan dengan berat BB yg digunakan, power dari airsoftnya sendiri serta jarak target.
Pengaturan Hop Up Airsoft Gun
  • Seperti disebutkan pada jenis Hop Up Airsoft Gun, dengan adanya adjustable hop up kita bisa mengatur hop up untuk mengkompensasikan dengan faktor lain. Contoh paling nyata adalah pada airsoft DoubleEagle M46 Famas. Airsoft ini dikenal sebagai spring dengan power yang besar. Akibat M46 ini menggunakan fixed hopup maka apabila menggunakan BB kuning yg 0.12, arah BB selalu naik ke atas/melayang (overhopup). Hal ini disebabkan BB yg terlalu ringan, power yang lumayan serta "ganjalan" karet hopup yang terlalu besar. Untuk menanggulanginya, maka digunakan BB yang lebih berat (0.2). Andaikan M46 menggunakan adjustable hop up, maka walaupun menggunakan BB 0.12 kita bisa mengatur hop up agar tidak terlalu besar "ganjalannya" disesuaikan dengan power yang Famas nya itu sendiri sehingga BB tidak over hop up.
Perawatan Hop Up Airsoft Gun
  • Karena Hop up Airsoft Gun ini menggunakan karet, maka apabila hendak membersihkan barrel atau mengeluarkan BB yg stuck di barrel agar berhati-hati. Jangan sampai pada saat dicolok-colok menggunakan sticknya terlalu semangat jadinya malah mengenai karet hop up ini sehingga rusak. Begitu juga apabila membongkar karet hop up, pastikan "ganjalannya" berada pada posisi jam 12 pas, kalau miring-miring nantinya malah BB nya melayang2 nggak bener.
Demikianlah beberapa hal yang perlu kita ketahui untk Mengenal Istilah Hop Up Airsoft Gun. Moga bermafaat!

Postingan terkait: