Mengenal Jenis Makanan Bakso

Mengenal Jenis Makanan Bakso ---Terinspirasi dari kejadian salah beli bakso hari ini, dimana permintaannya cuma "Tolong dong sekalian beliin bakso". Namun yang dibeli justru bakso kuah yang siap santap. Ternyata bakso yang dimaksud adalah bakso dalam keadaan beku yang biasa dijadikan campuran makanan seperti mi goreng, capcai, ataupun nasi goreng. Dari sini ketahuan bahwa pemahaman tentang bakso agak kurang. Karena yang ada di benak selalu berkonotasi bakso keliling "teng teng teng". Karena itu, perlu juga untuk mengenal jenis makanan bakso ini agar lebih paham lagi.

Jenis Makanan Bakso
Dikutip dari Wikipedia, Bakso atau baso berasal dari kuliner Tionghoa Indonesia yang berasal dari kata Bak-so yang berarti "daging babi giling". Seiring waktu, dikarenakan jenis makanan bakso sudah umum menjadi konsumsi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, maka jenis makanan bakso bertransformasi menjadi daging giling berbentuk bola yang terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka. Semakin kesini, semakin banyak variasi jenis makanan bakso yang bisa dibuat, seperti dari daging ayam, ikan, atau udang giling.

Di Indonesia, jenis makanan bakso pernah mendapat sorotan buruk dalam dunia kesehatan. BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan bahkan pernah me-red list bakso sebagai jenis bahan makanan yang tidak aman. Ini terjadi karena banyak ditemukan kasus proses pembuatan bakso yang menggunakan boraks. Yaitu sejenis bahan pengawet atau bahan untuk membuat tepung tapioka sebagai campuran daging giling untuk membuat bakso semakin kenyal dan menyerupai daging giling. Selain untuk mengawetkan, tentunya untuk mengurangi kadar daging giling bakso.

Untuk mendapat kualitas bakso yang baik jika mamang tidak bisa membuat sendiri, usahakan untuk membeli bakso yang sudah dibekukan. Juga ketika membeli bakso keliling, usahakan juga abang baksonya mengambil bakso yang sedang di rebus, bukan dari etalase walau sudah pernah direbus. Ini untuk menghindari jenis makanan bakso yang kemungkinan telah tercemar bakteri akibat temperatur sekitar.

Demikianlah Artikel Kuliner singkat tentang Mengenal Jenis Makanan Bakso. Pada artikel selanjutnya, mudah-mudahan kita akan mencoba resep untuk membuat bakso. Baca juga Artikel Kuliner sebelumnya tentang Cara Membuat Tempoyak Durian. Moga bermanfaat dan tetap mencintai kuliner nusantara..ep untuk membuat bakso. Baca juga artikel kuliner sebelumnya tentang Cara Membuat Tempoyak Durian. Moga bermanfaat dan tetap mencintai kuliner nusantara..

Postingan terkait: