Mengolah Daging Sapi Berdasarkan Potongannya

Mengolah Daging Sapi Berdasarkan Potongannya ---Bahan daging sapi termasuk bahan kuliner yang paling banyak digunakan untuk membuat makanan yang enak. Hal ini tentu sebanding dengan tingkat kerumitan yang bakal dihadapi saat mengolah daging sapi.

Saat kita membeli daging sapi, sebenarnya sudah bisa dipesan kepada penjualnya untuk memotong sesuai ukuran dan kebutuhan yang kita inginkan. Jika ingin dibikin sate atau tumis, maka yang dibutuhkan potongan daging sapi yang kecil ataupun berbentuk dadu. tentunya potongan ini agak berbeda manakala kita berencara untuk membuat steak. Yng kita butuhkan adalah potongan dengan irisan tipis pada daging sapi.

Potongan Daging Sapi
Nah, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk Mengolah Daging Sapi Berdasarkan Potongannya.

Ukuran Potongan Daging Sapi
  • Secara umum, tehnik mengolah atau memasak daging sapi sering ditentukan dari ukuran daging sapi itu sendiri. Seperti yang sudah dibuka diatas, jika ukuran potongan daging sapi relatif tipis, berarti bisa dipanggang untuk membuat steak. Memang butuh potongan daging sapi tipis biar lebih mudah matang secara merata. Jika Ukuran Potongan Daging Sapi berbentuk dadu, maka bisa juga ditumis.
Bagian Daging Sapi
  • Memasak daging sapi bisa memakan waktu lama atau juga sebentar. Itu tergantung bagian mana yang kita masak. Jika bagian daging sapi yang cenderung empuk seperti tenderloin, sirloin, dan iga, maka tidak butuh waktu lama untuk memasaknya. Dan bagian daging sapi lainnya memang dibutuhkan waktu yang agak lama.
Daging Sapi Bumbu
  • Sering daging sapi setelah kita beli tidak langsung dimasak, melainkan disimpan terlebih dahulu sambil direndam dengan bumbu khusus. Tujuan perendaman dengan bumbu ini seperti yang kita lakukan pada iga sapi. Bagian iga umumnya direndam untuk melonggarkan daging dan lemak sebelum dimasak lambat dalam oven. Selain itu, citarasa bumbunya akan lebih terasa karena sudah menyerap kedalam pori-pori daging.
Daging Sapi Giling
  • Selain dalam bentuk potongan, daging sapi bisa juga kita beli atau pesan dalam bentuk daging giling. Tentunya maksud kita membeli daging sudah jelas mau dimasak apa. Daging Sapi Giling ini biasanya diolah menjadi daging burger atau bakso dan dibuat ke dalam saus daging, misalnya saus spaghetti.
Itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui untuk Mengolah Daging Sapi Berdasarkan Potongannya. Moga bisa menciptakan kuliner berbahan daging sapi yang enak. Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel kuliner sebelumnya tentang Cara Menggoreng Ikan Yang Baik. Selamat memasak dan hidup kuliner Indonesia!

Postingan terkait: