Mengunjungi Situs Gunung Padang Cianjur

Mengunjungi Situs Gunung Padang Cianjur ---Situs Gunung Padang Cianjur merupakan situs megalitikum yang terletak di di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, Cianjur, Jawa Barat. Hingga saat ini, situs megalitikum Gunung Padang Cianjur ini masih merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Ini terlihat dari luas lokasinya sekitar 900 m2 dengan luas areal situs sendiri kurang lebih 3 ha.

Situs Gunung Padang Cianjur
Seperti dikutip dari cianjurkab.go.id, bahwa Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur ini peratama kali muncul dalam laporan Rapporten van de oudheid-kundigen Dienst (ROD), tahun 1914, yang selanjutnya dilaporkan NJ Krom tahun 1949. Pada tahun 1979 aparat terkait dalam hal pembinaan dan penelitian benda cagar budaya yaitu penilik kebudayaan setempat disusul oleh ditlinbinjarah dan Pulit Arkenas melakukan peninjauan ke lokasi situs. Sejak saat itu upaya penelitian terhadap situs Gunung Padang mulai dilakukan baik dari sudut arkeologis, historis, geologis dan lainnya.

Akhir-akhir ini, Situs Gunung Padang Cianjur kembali menjadi perbincangan hangat setelah adanya pendapat tentang keberadaan Atlantis dan Piramida yang berpusat di Tanah Sunda atau berlokasi di Gunung Padang Cianjur. Berbagai kontroversi bermunculan dikalangan ahli menanggapi pendapat yang mulai muncul setelah Tim Bencana Katastropi Purba datang untuk meneliti situs Gunung Padang yang berserakan batu balok bersegi enam itu.

Situs Gunung Padang Cianjur
Struktur Bangunan
  • Situs Gunung Padang Cianjur berbentuk punden berundak menyerupai struktur viramida di Mesir yang dibentuk dengan batuan vulkanik masif yang berbentuk persegi panjang. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia dalam arti, belum dikerjakan atau dibentuk oleh tangan manusia. Balok-balok batu yang jumlahya sangat banyak itu tersebar hampir menutupi bagian puncak Gunung Padang.
Mitos di Masyarakat
  • Situs Gunung Padang Cianjur ini terletak 50 kilometer dari Cianjur merupakan situs megalitik paling besar di Asia Tenggara. Di kalangan masyarakat setempat, situs tersebut dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam. Dibantu oleh pasukannya, ia berusaha mengumpulkan balok-balok batu yang hanya terdapat di daerah itu. Namun, malam rupanya lebih cepat berlalu. Di ufuk timur semburat fajar telah menggagalkan usaha kerasnya, maka derah itu kemudian ia tinggalkan. Batu-batunya mereka biarkan berserakan di atas bukit yang kini dinamakan Gunung Padang (Gunung yang terang)
Tujuan Penelitian
  • Beberapa waktu lalu, Presiden SBY melalui staf khusus kepresidenan telah membentuk Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memetakan bencana besar yang kemungkinan terjadi di masa lalu yang berpotensi berulang terjadi pada masa sekarang. jadi penelitian ini sama sekali bukan untuk mencari piramida ataupun kebenaran tentang Atlantis di Indonesia.

Bagi para wisatawan yang Mengunjungi Situs Gunung Padang Cianjur ini tentunya harus mengikuti beberapa aturan yang ditetapkan seperti tidak boleh mencorat-coret batu yang berserakan tersebut ataupun juga memindahkannya.

Demikianlah Artikel Travel tentang Situs Megalitikum Gunung Padang Cianjur Jawa Barat ini. Semoga hasil penelitiannya nanti bisa menjadi pengetahuan baru akan potensi bencana yang bakal terjadi di nusantara. Baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Kegiatan Festival Dananu Sentani 2012. Have a nice weekend!

Postingan terkait: