Pertimbangan Dalam Mengatur Kecepatan Shutter Kamera

Pertimbangan Dalam Mengatur Kecepatan Shutter Kamera ---Masih menyambung Artikel Hobi sebelumnya tentang Efek Foto yang dihasilkan Dengan Mengatur Kecepatan Shutter. Tentunya semua hasil indah tersebut kembali lagi kepada kreatifitas masing-masing fotografer. Namun secara umum, ada tiga hal yang perlu dipertimbangkan dalam mengatur kecepatan shutter agar bisa menghasilkan efek foto yang bagus.

Mengatur Kecepatan Shutter Kamera
Berikut 3 hal yang perlu diperhatikan dan menjadi pertimbangan dalam mengatur kecepatan shutter kamera ketika ingin mengabadikan sebuah objek foto.

Gerakan Objek Foto
  • Saat kita ingin memotret, kita harus bisa memperkirakan gerakan objek. Ini diperlukan karena kita harus mengatur kecepatan shutter yang dapat mengimbangi atau melebihi kecepatan gerak objek gambar. Jika tidak bisa mengimbangi atau bahkan lebih lambat, maka foto yang dihasilkan tidak tajam (buram).
Jarak Fokus Lensa
  • Ada sedikit tips pengaturan standar kecepatan shutter untuk menghasilkan ketajaman gambar yang bagus. Yaitu dengan mengatur kecepatan shutter minimal 1.5 X jarak fokus lensa. Jadi jika menggunakan lensa 50 mm, sebaiknya gunakan shutter speed lebih cepat daripada 1/75 s. Lensa 300 mm sebaiknya menggunakan shutter speed 1/450 s atau lebih cepat dan seterusnya.
Kestabilan Kamera
  • Hal ini kembali lagi kepada ketrampilan atau skill masing-masing fotografer. Semakin lama jam terbangnya, maka semakin mumpuni dalam mengatasi kestabilan kamera saat mengabadikan objek foto. Sebagian fotografer mampu menghasilkan kualitas foto bagus dan tajam dengan lensa standar 50 mm dan kecepatan shutter 1/30s. Namun jika kecepatan dibawah itu, direkomendasikan untuk menggunakan monopod atau tripod untuk menjaga kestabilan kamera saat memotret.

Demikianlah Artikel Hobi singkat tentang beberapa Pertimbangan Dalam Mengatur Kecepatan Shutter Kamera. Moga mnafaat dan selalu abadikan momen indah sekitar kita.

Postingan terkait: