Pilih Bekerja atau Meniti Karir

Pilih Bekerja atau Meniti Karir ---Kedengarannya sama, namun dalam prakteknya ditemukan perbedaan signifikan antara bekerja dengan meniti karir. Bagi kamu yang ngebet kerja atau malu setelah lulus sekolah menjadi pengangguran, tentunya pertanyaan tentang memilih Bekerja atau Meniti Karir sama sekali tidak terlintas. Lalu apa perbedaan antara bekerja dengan meniti karir?

Bekerja atau Meniti Karir
Setidaknya ada dua faktor yang membedakan antara bekerja dengan meniti karir, yaitu faktor latar belakang pendidikan dan faktor pola pikir.

Latar Belakang Pendidikan
  • Saat pertama kali kita lulus sekolah biasanya kita akan mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kita. Jika kita seorang mahasiswa lulusan teknik pertambangan, maka biasanya kita akan mencari pekerjaan di perusahaan-peruahaan yang bergerak dibidang pertambangan. Namun karena sesuatu dan lain hal, atau mungkin karena kita tidak sabar dan ingin langsung bekerja akhirnya kita tergiur ajakan tetangga untuk bekerja di pabrik. Gajinya lumayan, dan ini pilihan bagus daripada menunggu pekerjaan di perusahaan pertambangan yang belum tentu juga diterima. Contoh kecil inilah yang disebut dengan lebih memilih kerja daripada meniti karir.
Pola Pikir Seseorang
  • Apa yang ada didalam benak kita saat memutuskan untuk bekerja di pabrik? Tentunya sederhana. Untuk apa saya lama-lama menunggu dan mengikuti proses tes berulang-ulang di perusahaan pertambangan, yang akhirnya juga belum tentu diterima. Mending bekerja di pabrik saja. Gajinya juga lumayan dan tidak kalah dengan perusahaan pertambangan. Pola pikir seperti inilah yang membuat seseorang menjadi pekerja dan susah untuk meniti karir. Orang bijak pernah berkata, yang membedakan calon buruh dan calon direktur adalah bagaimana pola pikir mereka dalam menghadapi hidup. Calon buruh berpikir “yang penting hari ini saya bisa hidup”, sedangkan calon direktur berpikir “bagaimana hidup saya nanti?”. Dari sini bisa kita pelajari bahwa berpikir jauh ke depan lebih baik dibandingkan sekedar mencari kepuasaan sesaat.
Dari dua faktor yang membedakan antara bekerja dengan meniti karir diatas tentunya kembali kepada kita sendiri. Jika memang kita menjadikan pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang sebagai sesuatu yang enjoy-enjoy saja mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun ketika kita merasa asing dan menimbulkan kebosanan, maka kerugianlah yang akan menimpa kita karena telah memilih menjadi pekerja daripada meniti karir.

Demikianlah Artikel Karir kali ini. Semoga dengan memahami perbedaan antara Pilih Bekerja atau Meniti Karir, sedikit banyaknya bisa membuka wawasan kita untuk menentukan pilihan dan cita-cita. Baca juga artikel sebelumnya tentang Tips Memilih Jasa Penyalur Tenaga Kerja yang Baik. Moga bermanfaat dan selamat meniti karir!

Postingan terkait: