Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik

Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik ---Saya setuju jika ada perusahaan yang menolak calon pegawainya atau pencari kerja yang melamar diperusahaannya, ditolak bukan karena pencari kerja tersebut tidak masuk kualifikasi ataupun tidak memiliki potenti dan skill yang diinginkan, melainkan karena ia menyepelekan urusan berkas lamaran atau administrasi. Salah satunya adalah Curriculum Vitae.

Menulis Curriculum Vitae
Penulisan Curriculum Vitae yang kurang baik akan mengindikasikan sang pelamar pekerjaan kurang memperhatikan hal yang sederhana. Lebih parah lagi jika ia terkesan menyepelekan hal ini karena lebih menonjolkan skill dan potensi latar belakang pendidikannya. Ingat, kepribadian seseorang termasuk salah satu dari 3 Hal Yang harus Dimiliki Untuk Meniti Karir Masa Depan. Jangan karena penulisan Curriculum Vitae yang kurang bagus, kita sebagai pelamar kerja dinilai tidak memiliki kepribadian yang baik. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik sebagai berikut:

Gunakan Bahasa Formal
  • Mungkin kita termasuk manusia paling gaul di dunia. Sehari-hari kita sudah terbiasa dengan bahasa "Alay". Tidak hanya bahasa, dalam penulisanpun kita sudah terbiasa menulis dengan bahasa gaul. Ingat, menulis Curriculum Vitae bukanlah seperti menulis SMS atau BBM. Jangan terlintas dibenak Anda menulis Curriculum Vitae dengan tulisan bahasa gaul. Contoh salah: "q lu2san sMk 69 Jkt"
Gunakan Pas Foto Tampak Depan
  • Ini agak berbeda jika pembahasan kita bukan pada perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Jika perusahaan dalam pengertioan yang saya maksud, maka wajib menggunakan pas foto formal tampak depan. Terkecuali jika kamu melamar ke sebuah agency model agar diterima menjadi salah satu modelnya. Tentunya ini akan ada kebijakan tersendiri.
Menggunakan Kalimat Efektif
  • Hati-hati dalam penulisan ini. Kita kadangkala terjebak menulis kalimat yang terkesan curhat saat menulis pengalaman di dalam Curriculum Vitae. Tentunya HRD suatu perusahaan tidak akan mendengar curhat kita. Mereka hanya perlu tahu latar belakang belakang kita secara tepat dan padat. jadi gunakanlah kalimat yang efektif dan tepat tujuannya.
Itulah beberapa Tips Menulis Curriculum Vitae Yang Baik. Moga dengan artikel karir ini kita bisa melanggengkan cita-cita kita untuk bekerja diperusahaan yang kita inginkan. Selamat bekerja!

Postingan terkait: