Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Berkilau

Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Berkilau ---Apakah kamu salah satu pemilik rambut berwarna? Pastinya ada bentuk perawatan khusus yang berbeda dengan rambut biasa yang tidak diberi warna.

Merawat Rambut Berwarna
Ada berbagai alasan ketika kita mewarnai rambut. Alasan yang paling mendasar adalah agar rambut kita memiliki warna yang indah, berkilau, dan tahan lama tentunya. Dengan begini kita bisa tampil berbeda dan terlihat cantik. Namun semua itu tidak bisa berlangsung lama jika tidak dirawat dengan baik. Bentuk perawatannya juga akan berbeda dengan merawat rambut biasa yang tidak berwarna. Karena itu, pada Artikel Kecantikan kali ini ada beberapa Tips Merawat Rambut Berwarna yang bisa kita praktekkan.

Menggunakan Shampo Khusus
  • Rambut terlihat berwarna sebenarnya disebabkan karena adanya pigmen kimiawi pada rambut. Sedangkan saat kita keramas dengan shampo biasanya untuk mengurangi jenis pigmen ini sehingga mengembalikan rambut ke keadaan alami. Oleh karenanya jika kita memiliki rambut berwarna, maka gunakanlah shampo khusus untuk rambut berwarna. Shampo jenis ini biasanya memiliki pH asam yang berfungsi untuk menutup tingkatan dan pigmen rambut diwarnai.
Memberi Nutrisi Rambut
  • Selama sepekan setelah rambut diwarnai, oleskan masker rambut usai keramas dan biarkan selama 10-15 menit. Lalu, oleskan masker rambut secara teratur, setidaknya dua kali sepekan untuk melindungi warna dari radikal bebas dan memberikan fleksibilitas dan sinar untuk rambut kita. Tindakan inilah yang disebut dengan memberi nutrisi pada rambut berwarna.
Keringkan Rambut dengan Lembut
  • Rambut berwarna bertambah sensitif dengan berbagai penggunaan bahan kimia berkali-kali, di-blow dry, diluruskan dengan mesin catok panas sehingga menyebabkan kerusakan. Suhu panas akan mengubah hydrolipid, mengurangi protein rambut, dan mempercepat penghapusan pigmen buatan yang mewarnai rambut. Dampaknya, warna rambut akan hilang kilaunya dan akhirnya rusak. Oleh karena itu, usahakan untuk mengeringkan rambut dengan lembut setiap kali selesai keramas.
Cat Rambut Secara Teratur
  • Setidaknya sebulan 3 kali untuk mengecat rambut kita kembali di salon kesayangan kita. Untuk bertujuan untuk tetap mempertahankan kilau warna rambut kita karena penambahan pigmen buatan yang memberi warna pada rambut.
Gunakan Pelindung
  • Jika kita banyak beraktifitas diluar ruangan yang sering terkena sinar matahari langsung, usahakan untuk menggunakan pelindung seperti payung. Gunakan juga krim rambut secara teratur, jaga kesehatan rambut, dan gunakan sampo setiap dua atau tiga hari sekali.

Itulah beberapa Tips Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Berkilau kita agar tetap terlihat cantik dan berkilau. Baca juga Artikel Kecantikan sebelumnya tentang Tatanan Rambut Sederhana dan Cantik Agar tidak gerah di musim panas. Moga bermanfaat dan tetap cantik!

Postingan terkait: