Tips Perawatan AEG (Automatic Electric Gun)

Tips Perawatan AEG (Automatic Electric Gun) ---Seperti kita ketahui pada post terdahulu "Mengenal Hobi Airsoft Gun", kita ketahui bahwa salah satu penggerak piston yang menghasilkan udara pada airsoft gun adalah tenaga listrik yang dihasilkan oleh baterai. Tipe airsoft gun seperti ini disebut dengan AEG (Automatic Electric Gun). Dan pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa tips untuk merawat airsoft gun tipe AEG (Automatic Electric Gun).

Automatic Electric Gun
Tips Perawatan AEG (Automatic Electric Gun)
  • Biasakanlah untuk menghabiskan battery Anda ketika selesai dipakai/tidak digunakan pada waktu lama.
  • Battery NiCD mudah rusak cell-nya bila Anda biarkan terisi dan tidak terpakai dalam waktu lama. Untuk menghabiskan isi battery, Anda bisa menggunakan battery discharger. Sebagai alternatif yang lebih murah Anda bisa menggunakan resistor kapasitas 30 ohm/20 watt untuk disambungkan pada kutub battery.
  • Selalu bersihkan laras senjata Anda setiap 1.000/2.000 tembakan. Anda dapat membersihkannya dengan perlengkapan yang disediakan secara standard dari AEG Anda.
  • Teteskan sedikit silicon oil khusus seperti LPS MR750/Waxco/Cylo/CRC, atau jenis lain yang tidak mengandung petrolium (jangan gunakan WD40,atau pilih bahan yang ada tulisan “Safe for rubber” ) pada kain katun kecil, lalu ikatkan pada tongkat pembersih. Bersihkan laras senjata Anda beberapa kali, lalu keringkan dengan menggunakan cara yang sama tetapi menggunakan kain katun kering.
  • Bersihkan magazine AEG Anda dengan kain katun kering. Jangan sekali-kali menyemprotkan pelumas pada tempat peluru. Anda dapat menyebabkan peluru sulit keluar atau laras senjata menjadi basah oleh pelumas.
  • Selalu simpan/letakkan AEG Anda pada tempat yang kering. AEG Anda memiliki perangkat elektronik dan juga battery NiCD didalamnya. Sangatlah bijaksana, bila Anda memperlakukannya seperti Camcoder, Digital Camera, atau perangkat elekronik lainnya.
  • Setelah ribuan kali penggunaan, magazine Anda akan meninggalkan kotoran, gemuk (fat), atau timbul kelemahan pada per di dalam magazine. Servicelah magazine Anda setiap 20.000 tambakan. Sebaiknya Anda berikan kepada yang berpengalaman untuk men-service magazine atau kepada tempat Anda membelinya.
  • Gunakan selalu peluru berkualitas baik. Jangan gunakan peluru yang terlihat benjol, miring atau bergaris. Hal ini dapat merusak laras senjata Anda.
  • Setelah ribuan kali penembakan, senjata Anda biasanya dapat mogok atau macet bekerja. Hal ini disebabkan oleh habis atau terkikisnya roda gigi utama (main gear train) yang terbuat dari plastik dan ring (bushing). Usahakan untuk menggantinya dengan sparepart yang baru.(airsoftgun-murah.com)
Itulah beberapa Tips Perawatan AEG (Automatic Electric Gun) yang bisa kamu terapkan agar airsoft gun kesayangan kamu bisa awet dan lama jangka pemakaiannya. Baca juga artikel hobi sebelumnya tentang Istilah Hop Up pada Airsof Gun. Selamat bermain and enjoy your days!

Postingan terkait: