Wisata Edukasi Purbakala di Situs Sangiran

Wisata Edukasi Purbakala di Situs Sangiran ---Berwisata sambil belajar (edukasi) memang sangat mengasyikkan. selain bisa bersantai menikmati liburan, juga masih bisa terus belajar. Sebelumnya juga pernah dibahas tentang wisata edukasi di Istana Cipanas. Dimana kita disuguhi sejarah berdirinya Indonesia. Dan sekarang kembali kami hadirkan destinasi wisata edukasi yang cukup menarik. Sejarah keberadaan umat manusia bisa kita pelajari dari sini. Dan destinasi tersebut adalah Wisata Edukasi Purbakala di Situs Sangiran.

Situs purbakala sangiran
Dikutip dari "Sangiran Early Man Site" yang merupakan nama dari Situs Purbakala Sangiran yang ditetapkan UNESCO tahun 1996 sebagai salah satu warisan budaya dunia. Ini dimungkinkan karena separuh dari jumlah populasi temuan fosil manusia Homo Erectus di dunia berasal dari Sangiran dan sekitarnya. Karena Homo Erectus sangat berperan penting dalam evolusi manusia, maka wajar jika Situs Purbakala Sangiran ditetapkan sebagai warisan budaya dunia.

Situs Purbakala Sangiran memiliki luas mencapai 56 km persegi, yang meliputi tiga kecamatan di Sragen (Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh) serta Kecamatan Gondangrejo yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar. Situs Purbakala Sangiran juga berada di dalam kawasan Kubah Sangiran yang merupakan bagian dari depresi Solo, di kaki Gunung Lawu, sekitar 17 km dari kota Solo. Wajar jika disebut sebagai Wisata Edukasi Purbakala di Situs Sangiran. Karena selain menjadi obyek wisata yang menarik, Situs Purbakala Sangiran juga merupakan tempat penelitian tentang kehidupan pra sejarah (purbakala) terpenting dan terlengkap di Asia, bahkan di dunia.

Situs Purbakala Sangiran banyak menyimpan peninggalan masa lalu berupa kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan dalam bentuk fosil. Disini banyak ditemukan fosil manusia purba, fosil fauna, fosil tumbuhan, dan artefak. Salah satu yang menarik perhatian dunia adalah fosil Homo Erectus.

Situs Purbakala Sangiran
Bagi kita yang ingin melakukan Wisata Edukasi Purbakala di Situs Sangiran, tentunya tidak perlu repot untuk menggali, meneliti untuk sekedar melihat fosil dan benda purbakala lainnya. Karena semua fosil-fosil yang ditemukan sudah disimpan di Museum Purbakala Sangiran. Kita melihat fosilnya langsung, ataupun diorama kehidupan masa purba.

Demikianlah artikel travel tentang Wisata Edukasi Purbakala di Situs Sangiran kali ini. Pastikan juga untuk mencoba Mencoba Wisata Makam San Diego Hills. Kali aja ada yang tertarik untuk memesan "Rumah Masa Depan" disana. Happy holiday!

Postingan terkait: