Jenis Sepeda Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya

Jenis Sepeda Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya ---Mengetahui jenis sepeda penting sekali bagi kita manakala ingin membeli sebuah sepeda. Untuk mengetahui jenis sepeda ini tentunya kita harus menentukan dulu untuk apa dan dimana kita akan menggunakan sepeda tersebut. Karena beberapa jenis sepeda sengaja diciptakan berdasarkan fungsi dan penggunaannya.

Berikut adalah beberapa Jenis Sepeda Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya yang bisa kita jadikan referensi saat ingin membeli sepeda.

Sepeda Perkotaan (City Bike)
city bike
  • Sepeda perkotaan atau city bike sengaja diciptakan untuk digunakan dijalan perkotaan yang mulus, beraspal, dan tidak ada bolong-bolongnya seperti jalan rusak. Fungsinya hanya sebatas untuk jalan-jalan sore sambil mengisi waktu luang. Wajar jika sepeda jenis ini tidak menggunakan suspensi karena memang tidak dirancang untuk menghadapi benturan.
Sepeda Lintas Alam (XC)
sepeda xc
  • Sepeda lintas alam atau XC (Baca: Cross Country) adalah sepeda yang dirancang untuk untuk lintas alam dengan medan ringan hingga sedang. Bisa dipakai di jalan perkotaan dan juga dipedesaan. Pada bagian depan, sepeda ini sudah menggunakan suspensi untuk meredam benturan-benturan ringan.
Sepeda Gunung (All Mountain Bike)
MTB
  • Hampir sama dengan sepeda XC diatas, namun sepeda gunung ini dirancang untuk medan yang berat (berbatu, curam, dan berlubang) dengan jarak tempuh yang jauh. Bisa juga digunakan untuk off road. Karena banyaknya benturan yang akan diterima sepeda ini saat digunakan, maka ia sudah dilengkapi dengan suspensi depan belakang.
Sepeda Downhill
Sepeda Downhill
  • Sesuai dengan namanya, sepeda ini memang dirancang untuk digunakan saat menuruni bukit. Tidak hanya menuruni bukit, sepeda ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan dan keamanan saat menuruni bukit dalam kecepatan tinggi. Selalu stabil pada saat meluncur menuruni bukit dan dapat bermanuver dengan aman dan cepat. Roda sepeda ini juga mempunyai bidang kontak yang lebar dengan permukaan jalan sehingga friksi roda lebih besar. Sepeda ini tidak cocok digunakan di jalan perkotaan karena akan membuat pengendaranya cepat lelah akibat bidang kontak roda yang besar.
Sepeda Dirt Jump
Sepeda Dirt Jump
  • Sepeda Dirt Jump atau disebut juga dengan Urban Mountain Bike adalah sepeda yang dirancang khusus untuk yang hobi melakukan loncatan–loncatan tinggi dan ekstrim sambil berkendara di jalanan perkotaan atau tempat khusus. Bahasa awamnya mungkin sejenis sepeda BMX yang biasa dipakai anak atraksi meloncat temannya yang ditiduri berjajar.

Itulah beberapa Jenis Sepeda Berdasarkan Fungsi dan Penggunaannya yang bisa kamu jadikan acuan untuk memiliki sepeda baru. Baca juga Artikel Hobi sebelumnya tentang Beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum memelihara seekor anjing piaraan. Moga bermanfaat and have fun!

Postingan terkait: