Mengatasi Rasa Malu di Lingkungan Kerja

Mengatasi Rasa Malu di Lingkungan Kerja ---Rasa malu yang dimaksudkan disini adalah rasa kurang percaya diri kita saat berada di lingkungan kerja. Banyak faktor yang membuat kita merasa malu, minder, dan tidak percaya diri. Bisa karena kita adalah pegawai baru, kurang terampil, ataupun karena kita pernah diturunkan jabatannya dan banyak lagi yang mungkin bisa membuat kita merasa malu ketika berada di lingkungan kerja. Jika rasa malu ini terus dipertahankan, bukan tidak ungkin akan mengganggu produktifitas kerja yang berakhir pada penilaian buruk atasan terhadap kita.

Rasa Malu
Pada Artikel Karir kali ini kita akan membahas beberapa tips yang bisa kita praktekkan untuk Mengatasi Rasa Malu di Lingkungan Kerja, sebagai berikut:

Selalu Fokus Pada Hal Positif
  • Sifat dasar seorang pemalu adalah merasa kesulitan untuk menunjukkan image dirinya. Padahal image diri inilah yang menentukan kita bisa percaya diri atau tidak. Karena itu bagi si pemalu cobalah untuk selalu memfokuskan diri pada hal positif yang ada pada dirinya lalu tunjukkan. Hal yang paling gampang adalah mencoba untuk tersenyum dan merasa saat bersosialisasi di lingkungan kerja.
Si Pemalu Bukan Pusat Perhatian
  • Hal ini perlu diketahui oleh orang yang memiliki rasa malu. Sebenarnya Anda bukanlah pusat perhatian orang. Dan bayangkan bahwa semua orang disekitar Anda sama sekali tidak perduli dengan Anda. Jadi entng sajalah menghadapi hari-hari selama berada di kantor. Santai sajalah karena memang kita bukan pusat perhatian mereka.
Jangan Beranggapan Kita Adalah Pemalu
  • Jadi jangan melabeli diri sendiri sebagai pemalu. Bila perlu katakan sebaliknya kepada diri kita bahwa kita adalah adalah pribadi yang dinamis dan menyenangkan. Dengan begini, sedikit demi sedikit sifat dan rasa malu pada diri kita akan bekurang.
Bersikap Tenang
  • Saat kondisi terasa canggung, disarankan bagi si pemalu untuk tenang dan bernapas teratur agar apa yang dia lakukan dapat lebih terarah, tidak terburu-buru, dan tidak melakukan hal yang ceroboh.
Hanya Tuhan yang Maha Sempurna
  • Rasa malu juga biasanya disebabkan karena kekhawatiran kita karena dituntut untuk selalu sempurna dalam segala sesuatu khususnya pekerjaan kita dikantor. Ketika kita tidak bisa mencapai itu maka rasa malu akan timbul. Jangan berusaha mengejar untuk menjadi yang sempurna karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan.
Keluar dan Hadapi
  • Kita tahu Anda malu untuk berhadapan dengan lingkungan. Daripada mengunci diri terhadap kehidupan luar, mengapa tidak mulai melatih bagaimana berhubungan bersama orang lain dengan cara yang lebih benar.
Belajar Menerima Pujian dan Penolakan
  • Cara terbaik untuk menerima pujian ialah tersenyum dan mengucapkan terima kasih, sangat simpel bukan? Bagaimana dengan penolakan? Terima dengan lapang dada agar tidak berdampak lebih buruk pada diri Anda.
Belajar dari Kesalahan
  • Tidak hanya bagi yang memiliki rasa malu, belajar dari kesalahan adalah tip yang paling penting untuk meningkatkan percaya diri. katakan, "Saya sudah pernah melakukan itu dan gagal". Sekarang, saya tidak akan mengulanginya lagi.
Dukungan Orang Terdekat
  • Pemalu sebenarnya hanya butuh satu orang teman saja yang mengerti keadaan dirinya. Dari dukungan satu orang teman ini tentunya rasa malunya akan berkurang. Karena melalui satu teman ini, si pemalu bisa bersosialisasi dengan lainnya di lingkungan tanpa canggung dan akhirnya bisa menjadi kebiasaan.

Itu beberapa tips yang mungkin berguna untuk Mengatasi Rasa Malu di Lingkungan Kerja. Baca juga Artikel karir sebelumnya tentang Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia. Moga bermanfaat dan percayalah kepada kemampuan diri Anda...

Postingan terkait: