Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Lingkungan Kerja

Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Lingkungan Kerja ---Pada Artikel Karir sebelumnya, sudah banyak dibahas tentang beberapa hal yang bisa mempengaruhi produktifitas kerja kita. Seperti rasa malu di lingkungan kerja, rasa bosan, rasa malas karena jengkel dengan rekan kerja, dan lain sebagainya. Kali ini kita akan membahas tentang rasa percaya diri yang kurang saat bekerja. Hal ini juga sangat berpengaruh pada peningkatan produktifitas kerja kita tentunya.

Rasa Percaya Diri
Rasa percaya diri sebenarnya berasal dari keyakinan yang ada terhadap diri kita. Dengan memiliki rasa percaya diri, tentunya kita bisa lebih bersemangat dan tidak gampang putung asa manakala menemui kegagalan. Dalam dunia kerja, rasa percaya diri sangat dibutuhkan agar bisa bekerja lebih produktif. Oleh karena itu, pada Artikel Karir kali ini kita akan membahas beberapa Tips yang bisa kita praktekkan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Lingkungan Kerja.

Fokus dan Lakukan yang Terbaik
  • Sebuah kantor adalah miniatur dari kemajemukan sosial. Didalamnya bisa kita temukan berbagai isu maupun gosip yang terkadang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan kita. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, maka kita jangan terlalu memperdulikan itu. Lakukan saja yang terbaik terhadap pekerjaan kita dan tetap fokus pada hal itu.
Kembangan Kekuatan Kita
  • Cari tahu kelebihan diri kita dan kembangkan kelebihan tersebut menjadi kekuatan diri dalam melakukan semua aktifitas kerja. Kelebihan bisa meningkatkan rasa percaya diri kita.
Perbaiki Kelemahan Kita
  • Cari tahu kelemahan diri kita dan berusahalah untuk memperbaiki dan menghilangkannya. Selama Kita belum yakin kelemahan diri itu belum hilang, maka hati-hatilah dalam menjalani pekerjaan yang berhubungan dengan diri kita tersebut. Dan jika sudah yakin kelemahan itu sudah hilang, maka secara otomatis kita telah berhasil Meningkatkan Rasa Percaya Diri.
Aku Pasti Bisa
  • Itu adalah kalimat magic yang harus selalu kita ucapkan untuk mengumpulkan segala kekuatan agar bisa meningkatkan rasa percaya diri. Keragu-raguan adalah virus yang selalu menggerogoti rasa percaya diri. So, katakan "aku pasti bisa" saat kita menerima suatu pekerjaan.
Indeks Keberhasilan
  • Cobalah untuk mengindeks atau mencatat keberhasilan kita. Tulis apa yang ingin kita capai kedepannya. Jika itu berhasil, maka jadikan itu kelebihan dan kekuatan. Dan jika tidak tercapai atau gagal, maka jadikan itu kelemahan yang harus diperbaiki. Dengan begitu, tidak ada kata putus asa, dan kita akan selalu semangat.
Minta Penilaian Orang lain
  • Biasanya hal ini bisa kita dapatkan tanpa diminta. Jika kita bisa menyaring kritik, pujian, dan saran menjadi sesuatu yang bisa meningkatkan rasa percaya diri. Terkadang pada kritik kita bisa menemukan kelemahan kita dan perbaiki itu. Juga ketika kita dapat pujian, bisa juga kita jadikan itu kekuatan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Namun tidak ada salahnya jika kita minta pendapat langsung dari sang Bos tentang diri kita dan pekerjaan kita.
Tantanglah Diri Kita
  • Terlalu awal menilai diri sendiri berhasil, mungkin tidak terlalu bagus sebelum kita mencoba sesuatu yang baru. Cobalah menantang diri kita untuk melakukan sesuatu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya dalam pekerjaan. Jika berhasil, jadikan itu kekuatan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Jika gagal, maka jadikan itu kelemahan yang harus diperbaiki.
Solusi Bukan Argumentasi
  • Jika ingin menjadi teladan di lingkungan kerja, maka biasakanlah untuk memberi solusi, dan bukan hanya sekedar asumsi ataupun hanya argumentasi ketika membahas suatu permasalahan di lingkungan pekerjaan. Dengan menjadi teladan, tentunya rasa percaya diri kita akan semakin meningkat.
Jangan Mudah Terpengaruh
  • Mungkin bisa juga dikatakan sebagai tahu situasi. Terkadang orang yang memiliki rasa percaya diri secara tidak sadar menjadi over pede. Yaitu manakala ia ikut campur urusan yang bukan menjadi urusannya. Sok memberi solusi atau nimbrung karena ia dianggap teladan. Jangan terpengaruh dengan hal demikian. Kembalilah ke poin pertama, "Focus and do the best" pada pekerjaan kita.

Itulah beberapaTips yang bisa kita lakukan untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Lingkungan Kerja pada Artikel Karir kali ini. Baca juga artikel sebelumnya tentang Tips Meningkatkan Karir Dengan Ucapan Bijak. Tetap semangat!

Postingan terkait: