Tips Memilih Hotel Ramah Lingkungan (Green Hotel)

Tips Memilih Hotel Ramah Lingkungan (Green Hotel) ---Kampanye wisata yang ramah lingkungan di Indonesia sudah banyak kita dengar. Namun ada satu yang tertinggal, beberapa dari pelancong terkadang tidak perduli dengan hotel tempat mereka menginap, sudah ramah lingkungan atau belum. Karena pertimbangan utama pelancong saat memilih hotel adalah lokasi dan harganya. Namun bagi yang perduli dengan kampanye wisata ramah lingkungan, tentunya mereka akan memilih hotel yang ramah lingkungan atau Green Hotel.

Green Hotel
Karena itu, pada Artikel Travel kali ini, saya akan sedikit berbagi tentang beberapa tips untuk memilih hotel yang tak hanya ramah pada tamu, tapi juga ramah pada lingkungan.

Bertanya
  • Dalam hal ini kita bisa bertanya langsung ke marketingnya tentang konsep-konsep ramah lingkungan yang mereka terapkan. Atatu bisa juga dengan mencari informasi di Internet. Sedikit panduan, hotel yang ramah lingkungan, pasti akan sangat ramah dengan tamu. Juga akan melayani setiap pertanyaan tamu.
Reputasi
  • Reputasi hotel yang ramah lingkungan bisa juga jadi dasar kita untuk memilih green hotel. Sebut saja 10 peraih ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012. Tentunya hotel-hotel yang menerima penghargaan ini akan menjadi pilihan utama kita yang perduli akan kelangsungan bumi.
Pakai Ulang
  • Hotel yang ramah lingkungan biasanya menempatkan kartu tanda untuk menggunakan kembali handuk ataupun sprei yang tamu pakai dari pada mencucinya kembali setelah sekali pakai.
Bebas Rokok
  • Jika ada hotel yang menerapkan bebas rokok pada salah satu lantainya, tentunya hotel demikian sudah menerapkan konsep ramah lingkungan.
Hemat Energi
  • Pastikan hotel tempat menginap adalah hotel yang tidak boros cahaya. Jika di dalam kamar kita terlalu banyak lampu yang terkadang tidak berguna, tentunya hotel demikian belum menerapkan konsep ramah lingkungan.
Hotel Budget
  • Siapa bilang hotel mahal atau hotel berbintang identik dengan Green Hotel. Justru hotel budget yang lebih ramah lingkungan. Penggunaan energi yang minim dan juga hanya memilih dispenser dibandingkan air botolan, tentunya lebih ramah terhadap lingkungan.
Banyak Tanaman
  • Menanam banyak tanaman disekitar hotel sudah pasti menunjukkan konsep ramah lingkungan. Tanaman tidak hanya untuk memperindah taman di lingkungan hotel, tapi juga sebagai filter untuk membersihkan udara sekitar hotel.
Lantai Tanpa Karpet
  • Walau agak sulit menemukan hotel tanpa karpet, kecuali hotel budget, tentunya kita tahu bahwa hotel berkarpet akan menghabiskan energi jauh lebih besar. Energi dibutuhkan bagi vacum cleaner. Juga debu yang dihasilkan tidak bagus untuk lingkungan.
Layanan Koran
  • Ada sebagian hotel yang setiap pagi dan sorenya memberikan koran kepada tamunya. Ini tidak ramah lingkungan. Yang ramah adalah koran hanya diantar dan diberikan manakala tamu memintanya.
Kuliner Hotel
  • Untuk melihat hotel yang yang ramah lingkungan bisa juga dilihat dari bahan kuliner yang mereka sajikan. Jika bahan kuliner tersebut berasal dari sekitar, tentunya hotel tersebut ramah lingkungan. Karena ada sebagian hotel justru memilih bahan kulinernya dari luar daerah.
Itulah Tips Memilih Hotel Ramah Lingkungan atau Green Hotel. Baca juga artikel travel sebelumnya tentang Kereta Api Wisata Jogja. Have a nice trip!

Postingan terkait: