Tips dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak

Tips dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak ---Lebaran sebentar lagi. Hari penuh kemenangan itu pastinya akan disambut gembira oleh siapa saja yang merayakannya. Dan satu hal yang pasti dan tidak boleh terlewatkan di hari lebaran adalah kuliner ketupatnya. Ketupat lebaran sudah menjadi tradisi yang selalu ada di setiap hari kemenangan itu tiba, selain berbagai kue kering dan cake yang biasanya tersaji diatas meja.
Ketupat Lebaran
Membuat ketupat lebaran memang susah-susah gampang. Terlihat gampang karena hampir setiap tahun kita akan membuat ketupat lebaran. Tapi terkadang masih ada saja sebagian dari kita yang menghasilkan ketupat lebaran yang tidak sesuai dengan harapan dan keinginan. Oleh karenanya, pada Artikel Kuliner kali ini, saya akan sedikit share sedikit Tips dan Cara Membuat Ketupat lebaran yang Enak, legit, pulen, dan mengenyangkan tentunya.

Menyiapkan Bahan Beras Ketupat Lebaran
  • Beras sebagai bahan utama ketupat perlu sekali mendapat perhatian. Gunakanlah beras dengan kualitas bagus dan menghasilkan nasi yang pulen. Rendam beras selama beberapa menit, setelah itu cuci beras sampai bersih dengan menggunakan air yang di campur kapur sirih. Fungsi kapur sirih ini adalah untuk membuat ketupat lebih kenyal. Jika sudah, taburi sedikit garam pada beras dan aduk rata. Garam disini hanya sekedar memberi sedikit rasa gurih saja pada ketupat, dan tidak menimbulkan rasa asin pada ketupatnya nanti. Masukkan beras ke dalam cangkang ketupat hingga 3/4 penuh. Sisa ruang pada ketupat untuk memberi tempat saat beras mengembang dan memadat di dalam cangkang ketupat.
Merebus Ketupat Lebaran
  • Didihkan air untuk merebus ketupat. Pastikan ukuran airnya akan bisa merendam semua ketupat yang kamu buat. Setelah air mendidih, baru masukkan ketupat yang sudah kita buat ke dalam air mendidih tersebut. Jika dirasa ketupat belum matang, sedangkan air rebusan menyusut, maka sesekali tambahkan air mendidih lagi pada rebusan. Ingat, air mendidih dan bukan air dingin yang dicampur pada air mendidih untuk merebus ketupat.
Mengangkat Rebusan Ketupat Lebaran
  • Jika dirasa ketupat yang kita rebus sudah matang dan sesuai dengan harapan kita, angkat ketupat dari dalam panci rebusan dan langsung di cuci dengan air mengalir atau dibawah kran air. Pastikan kita mencuci bekas rebusan pada ketupat hingga bersih. Karena sisa-sisa air rebusan inilah yang biasanya membuat ketupat tidak bertahan lama dan cepat basi. Jika sudah langsung di gantung untuk dikeringkan dan di dinginkan.
Itulah sedikit Tips dan Cara Membuat Ketupat Lebaran yang Enak dan legit pada artikel kuliner kali ini. Baca juga artikel kuliner sebelumnya tentang Cara Membuat Kolak Pisang Kolang Kaling Untuk Berbuka. Selamat mencoba!

Postingan terkait: