Tips Wawancara Kerja Lewat Telepon

Tips Wawancara Kerja Lewat Telepon ---Saat kita memasukkan lamaran kerja ke suatu perusahaan, maka salah satu tahapan yang paling kita tunggu-tunggu adalah panggilan wawancara kerja. Pada Artikel Karir sebelumnya sudah pernah disinggung tentang wawancara kerja ini. Seperti tentang bahasa tubuh yang harus dihindari saat wawancara, ataupun tentang cara membuat kelemahan menjadi kelebihan saat wawancara kerja berlangsung. Namun semua itu dilakukan secara langsung, yang artinya antara kita sebagai pelamar kerja berada dalam satu tempat atau ruangan dengan orang yang mewawancarai kita. Bagaimana jika Wawancara Kerja tersebut dilakukan Lewat Telepon?
Tips Wawancara Kerja Lewat Telepon
Sebagian perusahaan memang ada yang sering melakukan wawancara kerja lewat telepon dengan berbagai alasan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui beberapa Tips Wawancara Kerja Lewat Telepon agar bisa mendapatkan feedback yang baik dari perusahaan.

Jangan Menyepelekan
  • Jangan menganggap kalau wawancara kerja lewat telepon hanya sekadar obrolan biasa yang tidak penting. Tentu saja hal itu tidak benar. Jadi jangan pernah menyepelekan wawancara via telepon dan lakukan sebaik mungkin.
Mempersiapkan Diri Untuk Wawancara
  • Sama seperti wawancara secara langsung, Anda juga harus melakukan persiapan. Sekali lagi, jangan menyepelekan dan tetap cari informasi tentang perusahaan yang akan mewawancarai Anda.
Jangan Sungkan Untuk Tahu
  • Meskipun wawancara telepon lumayan singkat, jangan lupa menanyakan informasi lengkap tentang hal-hal yang membuat Anda penasaran. Misalnya perkiraan gaji, detail pekerjaan, dan masalah lainnya.
Pilih Tempat yang Tenang
  • Karena berbicara melalui telepon, hindari tempat ramai yang bisa menganggu wawancara. Suara anak-anak, gonggongan anjing, atau hal lain sebaiknya jangan sampai terdengar oleh pihak yang mewawancarai via telepon.
Perhatikan Koneksi
  • Hampir sama seperti suasana ramai, jangan sampai salah pilih tempat saat menelepon. Sebab Anda membutuhkan sinyal yang bagus demi mendengarkan suara yang jernih.
Atur Nada Bicara
  • Wawancara langsung membutuhkan kontak mata, ekspresi wajah, dan bahasa tubuh yang tepat. Bukan berarti wawancara telepon tidak bisa dimanfaatkan untuk meyakinkan perusahaan. Jadi, gunakan nada bicara yang sopan, ramah, dan sekaligus tegas.
Baca Surat Lamaran Kerja
  • Saat melakukan wawancara telepon, perusahaan juga mengamati surat lamaran kerja Anda. Makanya Anda juga harus melakukan hal serupa agar bisa menjawab pertanyaan dengan tanggap dan tidak melenceng dari apa yang ditulis di surat lamaran kerja.
Fokus ke Wanwancara Kerja
  • Menerima wawancara telepon saat sedang membuka sosial media? Jika iya, segera matikan komputer atau hal lain yang bisa mengalihkan fokus Anda pada wawancara. Jangan sampai Anda terdengar tidak memperhatikan ketika diberi pertanyaan oleh perusahaan.
Itulah beberapa Tips Wawancara Kerja Lewat Telepon yang bisa kamu perhatikan dan cermati jika saat itu terjadi. Baca juga artikel karir sebelumnya tentang Jenis Perusahaan Yang Tergolong Buruk Menjadi Tempat Berkarir dan Bekerja. Selamat bekerja!

Postingan terkait: