Tips Memotret Menggunakan Kamera Handphone

Tips Memotret Menggunakan Kamera Handphone ---Bagi yang gemar memotret atau pemilik hobi fotografi pastinya tangannya gatal, dan keinginannya tidak bisa terbendung manakala melihat objek foto yang begitu bagus ada di depan mata. Walaupun hobi, tetap saja tidak mungkin selalu bisa membawa kamera digital kemana-mana untuk persiapan jika suatu ketika ada objek foto yang bagus. Untuk mensiasati ini adalah dengan menggunakan fasilitas kamera pada handphone.
Kamera Handphone
Hampir setiap handphone mid-end sekarang sudah dilengkapi dengan kamera. Handphone ini juga pasti akan selalu ada di saku kita. Oleh karenanya, tidak salah jika kita jadikan kamera handphone untuk memuaskan hobi fotografi kita. Permasalahannya sekarang, bagaimana kita bisa menghasilkan kualitas foto yang bagus dengan menggunakan kamera handphone?

Pada Artikel Hobi kali ini, saya akan share beberapa Tips Memotret Menggunakan Kamera Handphone, sehingga kualitas foto yang dihasilkan tidak kalah dengan kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera digital

Atur Pencahayaan
  • Setiap kondisi cahaya (malam, siang, sore, pagi) memiliki potensi tersendiri untuk mengubah momen membosankan menjadi gambar menakjubkan. Teknik pencahayaan sendiri sudah dibahas pada post sebelumnya tentang Jenis Pencahayaan Dalam Fotografi.
Jangan Menggunakan Zoom
  • Penggunaan zoom yang secara asal akan mudah merusak kualitas gambar. Lebih baik Anda maju mendekati obyek dibandingkan menggunakan zoom.
Setting Focus dan Exposure
  • Kedua faktor tersebut penting, setting eksposure dan fokus yang sesuai agar kualitas foto Anda meningkat 100 persen. Semakin sering Anda men-setting-nya maka akan semakin mudah menguasainya.
Gunakan Program Pengolah Foto
  • Lupakan dulu kebiasaan sharing, kalaupun harus pilihlah yang terbaik. Tapi itu hanya untuk kebutuhan cepat. Jika memang foto yang kita ambil untuk disimpan, biasakanlah untuk mengeditnya di Program Pengolah Foto seperti Photoshop.
Jangan Menggunakan filter
  • Penggunaan filter pada pemula hanya kan memudarkan sense fotografis. Jika Anda membutuhkan gambar dengan efek tertentu Anda bisa gunakan aplikasi image editor yang banyak tersedia.
Saat Kapan Kita Memotret
  • Semua adalah masalah pemilihan momen yang tepat. Foto akan lebih menarik jika waktunya juga tepat. Ingat, kamera handphone kita tidak bisa mengubah keadaan gelap karena mendung menjadi terang dihasil foto. Tunda memotret dengan handphone hingga keadaan memungkinkan.
Belajar dari Hasil Foto Lain
  • Seringkali dengan banyak melihat hasil fotografi lain kita mendapat banyak ide dan pengetahuan baru. Karenanya, jangan pernah berhenti untuk mencoba memotret Menggunakan Kamera Handphone hingga mendapatkan hasil yang maksimal.
Itulah beberapa Tips Memotret Menggunakan Kamera Handphone, agar kualitas foto yang dihasilkan terkesan profesional walaupun menggunakan kamera handphone. Jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya tentang Fenomena Dance Gangnam Style Melanda Dunia. Have a nice day!

Postingan terkait: