Beberapa Tips Dan Cara Untuk Merawat Sepeda

Beberapa Tips Dan Cara Untuk Merawat Sepeda ---Memakai sepeda merupakan hal yang sangat menyenangkan, santai, dan asyik tentunya. Selain itu dengan sepeda kita juga bisa menciptakan hal yang positif lainnya seperti mengurangi pencemaran udara, menghindari kemacetan, berolahraga dengan sepeda santai, dan bahakan juga bisa mengurangi biaya transportasi alias penghematan. Namun ada satu hal yang perlu di perhatikan, jangan lupa merawat sepeda kamu dengan rutin agar kamu tetap bisa bersepedaria dengan aman dan nyaman.Berikut ini Artikel Hobi -asliblogspot.blogspot.com akan memberikan beberapa info tentang Beberapa Tips Dan Cara Untuk Merawat Sepeda.
Merawat Sepeda
1.Bersihkan Sepeda kamu secara rutin
Cucilah sepeda kamu dengan air dan sabun agar bagian-bagian yang kotor akibat debu atau bekas pelumas hingga bersih. Bersihkan bagian sprocket, chain ring pada crank, kabel, kanvas rem serta rotornya dan pulley RD. Bisa menggunakan sikat dan spons.

2.Keringkan sepeda setelah selesai di cuci
Keringkan sepeda kamu setelah di cuci menggunakan kain lap yang halus,
kemudian di biarkan atau jemur sebentar agar sepeda benar-benar kering. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya karat di sepeda kamu.

3.Lumasi bagian yang perlu
Jangan lupa untuk melumasi bagian-bagian yang perlu pelumas dengan pelumas sepeda. Bagian-bagian yang perlu pelumas seperti rantai, baut-baut shifter (tuas pemindah gigi), tuas rem,
pemindah gigi ban depan dan ban belakang, cleatless pedal, serta kabel rem dan gigi.

4.Lakukan pemeriksaan secara rutin
Sebelum memakai sepeda jangan lupa untuk memeriksa kembali baut-baut yang kendor, brake, bearing, kencangkan baut-baut dan periksa kekencangan ban sepeda kamu agar aman saat digenjot.

5.Simpan dengan posisi yang benar
Simpanlah sepeda kamu dengan benar dan aman, usahakan jangan diparkir di atas lantai secara langsung untuk jangka waktu yang lama, karena hal tersebut akan mengakibatkan ban sepeda akan mengeras dan menyebabkan korosi pada velg sepeda kamu. Jika kamu ingin menyimpan sepeda dalam jangka waktu yang lama ada baiknya simpan sepeda kamu dengan posisi digantung.

Itulah sedikit info dari Artikel Hobi tentang Beberapa Tips Dan Cara Untuk Merawat Sepeda, semoga bermanfaat dan selamat bersepedaria. Bagi kamu yang hobi memakai sepeda baca juga Artikel Hobi lainnya tentang Jenis Sepeda Dan Fungsinya.

Postingan terkait: