Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas Di Lampung

Artikel Travel | Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas Di Lampung ---Way Kambas merupakan suatu objek atau lokasi Taman Nasional Indonesia yang terletak di provinsi Lampung. Dilihat secara administratif pemerintahan Taman Nasional Way Kambas terletak di Kecamatan Way Jepara, Labuan Meringgai, Sukadana, Purbolinggo, Rumbia dan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah, Propinsi Lampung. Pada kesempatan kali ini Artikel Travel akan memberikan beberapa info tentang Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas Di Lampung.
Way Kambas Lampung
Terletak di ketinggian 0-60 m di atas permukaan laut, Taman Nasional Way Kambas ini merupakan perwakilan ekosistem hutan dataran rendah yang terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar, dan hutan pantai di Sumatera.

Kawasan Taman Way Kambas terdiri dari hutan rawa air tawar, padang alang-alang/semak belukar dan hutan payau/pantai dengan berbagai jenis floranya seperti Api-api, Pidada, Nipah, gelam, Salam, Rawang, Ketapang, Cemara Laut, Pandan, Puspa, Meranti, Minyak, Merbau, Pulai, Bayur, Keruing, Laban dan masih banyak lagi jenis flora yang lain. Sedangkan untuk jenis fauna, Taman Nasional Way kambas merupakan habitat Badak Sumatera, Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Tapir, Beruang Madu, Anjing Hutan, Rusa, Ayam Hutan, Rangkong, Owa, Lutung Merah, Siamang, Bebek Hutan, Burung Pecuk Ular, dan sebagainya.

Ada beberapa tempat atau lokasi di Taman Nasional Way Kambas yang paling menarik untuk di kunjungi antara lain :

1. Pusat Latihan Gajah (PLG) Karangsari
Gajah-gajah liar yang dilatih di Pusat Latihan Gajah (PLG) terletak 9 Km dari pintu gerbang Plang Ijo didirikan pada tahun 1985 dan telah menghasilkan sekitar 290 ekor gajah yang terlatih. Gajah-gajah dapat dijadikan sebagai gajah tunggang, atraksi, angkutan kayu dan bajak sawah. Pada Pusat Latihan Gajah tersebut dapat disaksikan Pelatih dan mendidik dan melatih gajah liar, menyaksikan atraksi gajah yang sangat luar biasa (main bola, menari, berjabat tangan, hormat, mengalungkan bunga, tarik tambang, berenang dan masih banyak atraksi lainnya).

2. Lokasi Way Kambas
Merupakan sebuah lokasi yang di gunakan untuk kegiatan berkemah.

3. Lokasi Rawa Kali Biru, Rawa Gajah, dan Kuala Kambas
lokasi yang tepat untuk kegiatan menyelusuri sungai di Way Kanan, pengamatan satwa (bebek hutan, kuntul, rusa, burung migran), pdang rumput dan hutan mangrove.

Itulah beberapa hal yang menarik dari Artikel Travel tentang Mengunjungi Taman Nasional Way Kambas Di Lampung, semoga bermanfaat. Baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Mengunjungi Tempat Wisata Keluarga Taman Safari Indonesia.

Postingan terkait: