Cara Mengecat Dinding Rumah yang Sempurna Dan Sesuai Keinginan

Cara Mengecat Dinding Rumah yang Sempurna Dan Sesuai Keinginan ---Kenapa hampir setiap orang merasa ragu untuk mengecat rumah sendiri..?? Tentunya hal tersebut disebabkan minimnya pengalaman dan biasanya akan membuat hasil cat tidak optimal. Nah, buat kamu yang suka bergonta-ganti warna rumah atau ingin warna dindingnya baru terus gak usah khawatir dan repot untuk memanggil tukang cat. Kali ini Artikel Hobi akan memberikan beberapa tips serta cara untuk mengecat rumah sendiri sesuai dengan keinginan, langsung saj kita lihat infonya berikut ini
Mengecat Dinding Rumah
Untuk mengecat rumah sendiri ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mulai mengecat, diantaranya adalah mempersiapkan peralatan yang cukup sebelum mengecat. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk mengecat rumah

1. Isolasi Kertas
Untuk menutup bagian-bagian yang tidak akan kita cat, serta mencegah  tercecer pada bidang tersebut.

2. Ember / Bak Cat
Untuk membantu mengukur banyaknya volume cat yang akan digunakan, sehingga mengurangi sisa cat yang tidak terpakai. Sebaiknya gunakan ember cat yang bersih untuk mencegah cat dari kontaminasi kotoran dan debu.

3. Kuas / Roller Cat
Gunakanlah paling tidak 2 jenis kuas. Atau jika kamu menggunakan roller cat, gunakanlah paling tidak 2 jenis roll cat. Ukuran yang lebih besar untuk bidang yang besar, dan ukuran kecil untuk bidang sudut.

Nah, kalau saat proses pengecatan nanti kamu ingin menggunakan roller cat, ada beberapa jenis ketebalan roller cat dipasaran. Jika roller cat lebih tebal maka area penutupannya lebih luas. Gunakan pula bak cat untuk meratakan volume cat pada roller, agar cat dapat diaplikasikan dengan baik pada bidang. Untuk memiliki hasil sempurna dan sesuai dengan yang diinginkan, kita lihat berikut ini cara dan proses untuk pengecatan dinding rumah yang benar.

Proses dan Tahapan Mengecat Dinding Rumah
  • Tutupilah bidang lantai dengan menggunakan kain atau plastik cor untuk mencegah lantai agar tidak terkena cipratan cat.
  • Aduklah cat dengan rata agar adonan cat yang terdiri dari bahan dasar cat, warna cat, dan air tercampur dengan sempurna.
  • Rapikanlah dan ratakan bidang dinding yang tidak rapi, tidak rata, atau berlubang. Bisa menggunakan plamir dinding dengan kualitas baik dan mudah kering.
  • Bersihkan permukaan dinding yang akan dicat dari debu dan kotoran, jika perlu lakukan pengamplasan supaya cat baru dapat kuat melekat.
  • Mulailah pengecatan dari sudut bidang, kemudian lanjutkan ke sepanjang bidang sudut tadi. Tapi, lakukan pengecatan dari area yang kering ke area basah yang telah kamu cat.
  • Lakukan arah pengecatan dengan arah yang sama, jangan acak. Hal ini membuat hasil cat baik dan rata, juga mengeffisienkan penggunaan cat.
  • Kamu harus berkonsentrasi tinggi untuk meminimalisir kesalahan, lakukan pengecatan dengan hati-hati agar tidak terkena komponen yang tidak diinginkan seperti kusen dan saklar lampu.
  • Jika proses pengecatan sudah selesai maka segera bersihkan bagian yang terkena cipratan/bagian yang tak tertutupi oleh penutup sementara tadi sebelum ceceran tersebut mengering.
  • Proses telah selesai, kemudian biarkan sampai cat mengering dengan sendirinya.
Demikianlah beberapa info dari Artikel Hobi tentang Cara Mengecat Dinding Rumah yang Sempurna Dan Sesuai Keinginan, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat kamu.

Postingan terkait: