Mengenal Bunga Rafflesia Arnoldi Sebagai Bunga Terbesar di Dunia

Mengenal Bunga Rafflesia Arnoldi Sebagai Bunga Terbesar di Dunia ---"Bengkulu Bumi Rafflesia" ya sebuah ungkapan untuk daerah yang menjadi habitat bunga terbesar di dunia ini. Bunga Rafflesia Arnoldi sangat jarang ditemukan, jenis bunga ini adalah bunga raksasa dan terbesar di dunia. Bunga ini dapat tumbuh sampai 3 kaki diameter dan berat sampai 15 pound. Rafflesia Arnoldi adalah tanaman parasit, terlihat tanpa daun, akar, atau batang.
Bunga Rafflesia Arnoldi
Bunga Rafflesia Arnoldi
Pada tahun 1818, bunga ini ditemukan di hutan tropis Sumatera oleh Dr. Joseph Arnold seorang ilmuwan yang melakukan ekspedisi di bawah pimpinan Thomas Stanford Raffles. Nama penemu bunga Dr. Joseph Arnold dan pemimpin ekspedisi Thomas Stanford Raffles, digabung menjadi Raflesia arnoldi dan nama inilah yang dipakai sebagai nama ilmiah bunga patma raksasa sampai sekarang. Bunga ini telah menjadi ikon salah satu kabupaten di Bengkulu yaitu Kepahyang, namun walaupun begitu tetap saja sulit untuk menemukan Bunga Rafflesia ini, dan bunga ini tidak bisa ditemukan di sembarang tempat karena bunga ini sangat sulit untuk tumbuh.

Tanaman ini hanya dapat tumbuh jika ada tanaman inangnya yaitu Family Liana Sp. Raflesia Arnoldi banyak tumbuh pada kawasan hutan primer yang belum mengalami pengolahan lahan. Bunga Raflesia Arnoldi tidak memiliki daun dan batang sehingga sulit juga untuk di kelaskan ke tanaman tingkat tinggi, namun Bunga Raflesia Arnoldi dapat dikatakan tanaman tinggi karena tanaman ini hanya memiliki bunga tapi dapat menghasilkan biji.

Namun perlu teman-teman ketahui Ketika mekar, bunga Rafflesia memancarkan bau mirip dengan daging busuk. bau ini menarik serangga yang menyerbuki tanaman. Masa pertumbuhan bunga ini memakan waktu sampai 9 bulan, tetapi masa mekarnya hanya ± 1 minggu. Setelah itu Raflesia Arnoldi akan layu dan akhirnya mati.

Itulah beberapa info dari Artikel Travel tentang Mengenal Bunga Rafflesia Arnoldi Sebagai Bunga Terbesar di Dunia, semoga bermanfaat. Masih seputar Bengkulu baca juga Artikel Travel sebelumnya tentang Mengenal Objek Wisata Bengkulu Yaitu Pantai Way Hawang.

Postingan terkait: