Persiapan Perlengkapan Yang Penting Sebelum Melakukan Pendakian

Persiapan Perlengkapan Yang Penting Sebelum Melakukan Pendakian ---Bagi para pencinta alam, mendaki gunung merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan karena disaat mendaki kita dapat menyaksikan keindahan alam yang luar biasa di puncak gunung. Belum lagi dengan pemandangan yang bisa ditemui di sepanjang jalur pendakian.
Mendaki Gunung
Namun sebelum kamu beraksi atau melakukan pendakian, ada beberapa persiapan penting dan perlu untuk diperhatikan. Diantara persiapan penting tersebut yang paling utama adalah kesiapan mental dan fisik, karena kesehatan fisik sangat dibutuhkan saat mendaki, melalui medan yang cukup berbahaya dan melelahkan. Selain itu ada persiapan tambahan lain yang juga penting saat melakukan pendakian, persiapan tersebut diantaranya adalah berikut ini

Perlengkapan dan Bekal Yang Harus Dibawa Saat Mendaki Gunung
  • Membawa alat navigasi berupa peta lokasi pendakian, peta, altimeter (Alat pengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut), atau kompas. Untuk itu, seorang pendaki harus paham bagaimana membaca peta dan melakukan orientasi. Jangan sekali-sekali mendaki bila dalam rombongan tidak ada yang berpengalaman mendaki dan berpengetahuan mendalam tentang navigasi.
  • Carriel atau tas besar untuk menampung seluruh perbekalan dan peralatan yang dibutuhkan
  • Matras. Fungsinya adalah untuk alas duduk saat beristirahat sejenak.Matras juga bisa digunakan untuk pelapis di dalam carriel agar terlihat lebih rapi.
  • Jas hujan. Alat ini sangat diperlukan terutama untuk mengantisipasi jika turun hujan saat pendakian. Sebab seringkali cuaca di gunung kurang bersahabat dan turun hujan yang cukup lebat.
  • Tenda. Alat ini digunakan ketika para pendaki hendak beristirahat dalam waktu yang cukup lama. Tenda juga bisa melindungi para pendaki saat terjadi hujan atau angin kencang.
  • Kantung tidur atau Sleeping bag.Alat ini berfungsi untuk menyelimuti saat tidur di gunung.Selain itu juga bisa digunakan sebagai alas tidur.
  • Alat penerangan, seperti senter, lilin, batere cadangan, lampu badai. Dengan adanya alat penerangan yang memadai, maka kegiatan mendaki di malam hari bisa berjalan dengan lancar.
  • Topi, sarung tangan, kaos kaki tebal, sepatu khusus. Sepatu khusus ini diperlukan karena medan di pegunungan beda dengan medan di daerah yang datar sehingga memerlukan sepatu yang khusus.
  • Pakaian hangat seperti jaket, kaus lengan panjang dan celana panjang kasual dengan bahan yang kuat dan nyaman pakai.
  • Alat-alat P3K, suplemen makanan, makanan instan/kalengan, dan minuman mineral. Ketersediaan makanan yang cukup akan mampu memberikan energi yang cukup pula saat mendaki.
  • Golok tebas, pisau lipat, dan teropong. Yang tidak kalah pentingnya adalah alat perekam (kamera atau handycam) untuk mendokumentasikan kegiatan selama pendakian.
Itulah beberapa info dari Artikel Travel tentang Persiapan Perlengkapan Yang Penting Sebelum Melakukan Pendakian. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat kamu.

Postingan terkait: