Melihat Keindahan Kawah Ijen di Jawa Timur

Melihat Keindahan Kawah Ijen di Jawa Timur ---Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah yang bersifat asam. Kawah Ijen ini berada di puncak Gunung Ijen Provinsi Jawa Timur, tepatnya di dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Gunung Ijen yang memiliki tinggi 2368 meter di atas permukaan laut dengan kedalaman danau 200 meter serta luas kawah mencapai 5466 Hektar ini merupakan salah satu tempat favorit bagi pecinta petualangan. Jalan kaki yang harus ditempuh pengunjung berjarak tiga kilometer dari pos akhir Paltuding melalui jalan setapak yang berpasir.
Kawah Ijen Jawa Timur
Dibutuhkan waktu cukup lama berjalan kaki untuk sampai di puncak dan kawah Gunung Ijen, akan memakan waktu lebih kurang dua jam. Namun, setelah menginjak puncak gunung semua rasa lelah dan jenuh selama diperjalanan akan terbayar dengan melihat keindahan kawahnya yang berwarna hijau toska berpadu dengan langit cerah kebiruan dan hutan hijau seklilingnya yang masih asri. Namun, jika kamu ingin merasakan suasana dan pemandangan yang lebih menarik lagi kamu harus melakuakan pendakian pada pagi hari disaat kabut tebal masih menyelimuti pepohonan sangat eksotis untuk dinikmati pemandangannya. Akan tetapi waktu terbaik untuk berkunjung ke Gunung Ijen adalah di musim kemarau pada bulan Juli sampai September. Pada musim hujan sangat bahaya untuk mendaki karena jalanannya licin.

Bicara masalah biaya, kamu tak perlu ragu untuk masuk ke kawasan Gunung Ijen ini cukup murah dan terjangkau. Tiket masuk untuk mendaki Gunung Ijen dikenakan Rp 2.000 bagi wisatawan nusantara dan Rp 15.000 bagi wisatawan asing yang dikelola oleh Departemen Kehutanan.

Jalur Transportasi ke Gunung Ijen
Sedikit tips khususnya untuk para backpacker yang ingin berkunjung ke Gunung Ijen ini, jalur Transportasi yang ditempuh adalah dari Terminal Bondowoso ada angkutan desa ke Kecamatan Sempol dengan ongkos Rp 15.000. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan ojek ke pos Paltuding dengan biaya sekitar Rp 40.000. Sedangkan dari Banyuwangi Anda harus naik angkutan desa dengan ongkos Rp 10.000 ke Kecamatan Licin dulu kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang truk pengangkut belerang ke pos Paltuding hanya dengan ongkos Rp 5.000 per orang.

Itulah sekilas informasi tentang salah satu tempat wisata alam yang terkenal di Jawa Timur yaitu Kawah Ijen. Sesuatu yang patut didatangi bagi teman-teman pecinta petualangan, selamat berpetualang.

Demikianlah beberapa info dari Artikel Travel kali ini tentang Melihat Keindahan Kawah Ijen di Jawa Timur. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi buat semua...

Postingan terkait: