Tips Dan Cara Mudah Mengatasi Lensa Kamera Berjamur

Tips Dan Cara Mudah Mengatasi Lensa Kamera Berjamur - Cara mencegah dan mengatasi lensa kamera yang buram karena berjamur memang sering dibutuhkan bagi para pecinta fotografi (pemilik kamera). Jamur pada lensa yang dimaksud adalah timbulnya seperti kabut pada lensa, dan hal tersebut pastinya sangat mempengaruhi hasil foto dari kamera tersebut.

Jika kamera Anda mengalami jamuran tentunya perlu segera dibersihkan, namun kabarnya untuk membersihkan Jamur Pada Lensa Kamera ini memerlukan biaya yang cukup mahal. Lalu, bisa gak ya kita membersihkan sendiri Lensa Kamera Berjamur? Tenang saja sob, semua itu ada jalannya. Untuk itu RADENMASPINO pada kesempatan kali ini akan berbagi sekilas informasi Seputar Teknologi Terbaru tentang Cara Mudah Mengatasi Lensa Kamera Berjamur.

Sebelumnya sobat perlu tau bagaimana jamur bisa muncul di lensa kamera? Salah satu alasan kenapa jamur bisa muncul di lensa kamera yaitu karena tingkat kelembaban udara yang tinggi. Mereka sangat senang hinggap pada lensa yang tidak disimpan di tempat yang mempunyai tingkat kelembaban udara rendah. Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? simak beberapa tips berikut :

Cara Mengatasi Lensa Kamera Berjamur
  • Jika jamur masih sedikit dan berada pada optik bagian luar, bisa menggunakan cairan pembersih lensa/kacamata dengan cara dioles dengan cotton bud pada bagian yg terkena jamur, setelah itu lap dengan lap khusus lensa (microfiber).
  • Jika jamur sudah banyak, atau berada di optik bagian dalam lensa, sebaiknya segera dibawa ke tempat service kamera terdekat.

Tips Agar Lensa Kamera Tidak Berjamur
Biasanya kesalahan sering kita lakukan pada saat menyimpan kamera, tempat menyimpan kamera yang aman dan dapat menghasilkan tempat yang berkelembaban rendah adalah tempat khsusus untuk kamera atau yang biasa disebut dengan Drybox.
Drybox merupakan tempat khsusus untuk menyimpan kamera yang dapat mencegah timbulnya jamur pada lensa kamera, namun jika Anda tidak punya budget yang cukup untuk membeli Drybox Ada bisa menggunakan tempat penyimpanan lainnya, intinya apa saja yang bisa ditutup rapat. Tak hanya itu, drybox juga perlu dilengkapi dengan yang namanya silica gel, silica ini berfungsi untuk menyerap air yang ada di udara, sehingga udara tempat penyimpanan bisa menjadi kering dan mencegah datangnya jamur. Ada beberapa jenis silica gel, silica gel sachet dan silica gel tabur (butiran biru). Silica gel dengan bentuk sachet bisa didapatkan di toko-toko bahan roti dengan harga yang murah.

Demikian sekilas informasi Seputar Teknologi Terbaru tentang Cara Mengatasi Lensa Kamera Berjamur. Semoga bisa membantu untuk merawat kamera kesayangan Anda...!

Postingan terkait: